970 Penari Meriahkan Hari Jadi Ke-97 Karanganyar

1

Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar Berangkat Ke Alun-Alun Kabupaten Menggunakan Andong Bersama Muspida Karanganyar

2

Bupati Karanganyar, Juliyatmono Irup Upacara Hari Jadi Ke-97 Kab. Karanganyar

3

Muspida dan Tamu VIP Ikut Memakai Busana Jawa Peringatan Hari Jadi Ke-97 Kab. Karanganyar

4

Bupati dan Muspida Melepas Derkuku Sebanyak 97 Ekor

5

Upacara Hari Jadi Ke-97 Kab. Karanganyar di Alun-Alun Kabupaten Karanganyar

6

Pentas Sendratari Kolosal Perjuangan Raden Mas Said Setelah Upacara Hari Jadi

Sebanyak 970 penari yang sebagian besar diikuti peserta dari pelajar turut memeriahkan Upacara HUT Kab. Karanganyar ke-97 yang berlangsung Selasa pagi (18/11) di Alun-Alun Karanganyar. Tarian Kolosal yang dibawakan sebanyak 970 penari tersebut menceritakan perjuangan Raden Massaid atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pangeran Samber Nyawa saat menyerang penjajah Belanda sekaligus sebagai pendiri Kab. Karanganyar.

Upacara digelar dengan menggunakan pakaian adat beskap jangkep untuk yang pria yakni beskap lengkap dengan keris, sedangkan wanita menggenakan kebaya jarik wiru. Bupati Karanganyar Drs. Juliyatmono, MM selaku Inspektur Upacara saat menyampaikan amanatnya dalam bahasa Jawa yang menitik beratkan pada semboyan Tri Dharma Raden Massaid yakni Melu Handarbeni, Wajib melu hangrubeni, Mulat sariro angrasa wani.  Upacara sebagai puncak acara HUT Kab. Karanganyar ini diikuti oleh Wakil Bupati Karanganyar, Jajaran Muspida Kab. Karanganyar, pimpinan Dewan Kab. Karanganyar, Sekda Kab. Karanganyar, SKPD di lingkungan Pemkab. Karanganyar, Para Asisten, Staf ahli, BUMD Kab. Karanganyar serta Sekolah dari tingkat SMP/MTS/SMA dan SMK se Kab. Karanganyar.

Yang menarik dari HUT Kab. Karanganyar ke-97 kali ini, adalah semua mensimbolisasikan angka 97, antara lain 970 peserta tari Kolosal RM. Massaid, Wayangan tiga dimensi dengan dalang ki Manteb Sudharsono, Ki Enthus Susmono, Ki joko Edan dengan 97 waranggana di alun-alun Karanganbyar ( Rabu 19/11),  970 peserta trill yang akan mengikuti tour adventure trill di alun-alun Karanganyar (minggu 23/11), 97 pasangan nikah massal di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar (Senin 27/11) dan 97 peserta khitan massal di masjid agung Karanganyar (Senin 27/11). ad+pd+in