Ribuan Warga Tumplek Blek Ikut Tirakatan

Karanganyar, Selasa (18/11/2014)

Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo, saat memotong tumpeng di malam tirakatan Hari Jadi Kabupaten Karanganyar ke 97, Senin (17/11) malam di pelataran alun-alun Karanganyar.

Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo, saat memotong tumpeng di malam tirakatan Hari Jadi Kabupaten Karanganyar ke 97, Senin (17/11) malam di pelataran alun-alun Karanganyar.

Malam tirakatan menjelang hari jadi Kabupaten Karanganyar ke-97 tahun dipadati ribuan warga yang datang dari berbagai tempat. Antusias terasa mulai pukul 18.30 WIB, arus lalu lintas mulai terasa padat.

Di jalan Lawu depan Makodim 0727/Karanganyar terjadi kemacetan. Kendaraan mobil maupun motor berjalan tersendat. Di jalur lambat di sisi kiri, dipenuhi parkir mobil. Tak hanya itu, di seputar kawasan alun-alun, di sisi timur, selatan, dan barat gedung Sekretariat Daerah Kabupaten juga terjadi kemacetan parah.

Menjelang pukul 21.30 WIB, sebelum pelaksanaan acara tirakatan di pelataran sebelah barat Monumen Gerakan Sayang Ibu (GSI), tumpeng-tumpeng dari berbagai Satuan Kerja peangkat Daerah (SKPD), Instansi vertikal, BUMD,maupun Ormas, Senin (17/11).

“Tumpeng-tumpeng itu berisi nasi uduk, ingkung, dan ubo rampe. Selain itu ada tambir dengan isi kacang rebus, pisang godog, dan ketela. Totalnya 97 tumpeng” ujar Sujarno, Ketua Panitia Tirakatan. Dia menambahkan tumpeng nasi kuning yang paling besar dari Muspida, dibuat dengan bahan beras sebanyak 40 kilogram, dengan tinggi 97 senti meter, ada juga dua ingkung besar ayam kampung dan ubo rampe.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan,bertekad untuk mewujudkan Visi Misi, yang telah jabarkan dalam bentuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah tahun 2013-2018. “Melalui program-program yang kami wujudkan, di harapkan agar kualitas SDM di Kabupaten Karanganyar semakin baik, sehingga mampu mengolah Sumber Daya Alam menjadi Komoditas yang memiliki nilai ekonomi tinggi dengan cara yang berbudaya,” kata Bupati Juliyatmono, saat memberikan sambutan.

Selain pelaksanaan yang berpusat di pelataran Alun-alun yang dihadiripara Pimpinan DPRD Kabupaten Karanganyar, Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo, Muspida, Kepala SKPD, Camat, tokoh pendidikan, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Tirakatan juga di lakukan di seluruh RT di Kabupaten Karanganyar.pd