SKPD Gotong Royong Bantu Pemugaran RTLH

Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo, saat meninjau langsung pemugaran RTLH di Desa kaliboto, Kecamatan Mojogedang (13/11) pagi

Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo, saat meninjau langsung pemugaran RTLH di Desa Kaliboto, Kecamatan Mojogedang, Kamis (13/11) pagi

Karanganyar, Jumat (13/11/2014)

Setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dari Badan, Dinas, dan Kantor di Kabupaten Karanganyar turut ambil bagian membantu pemugaran Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Kaliboto, Kecamatan Mojogedang.

Ke 46 SKPD itu di haruskan mengikutsertakan lima PNS untuk membantu warga memugar RTLH yang tersebar di sembilan Dusun,yang mendapatkan program berasal dari dana APBD Tahun 2014.

Untuk Desa Kaliboto terdapat 20 Kepala Keluarga (KK) yang mendapatkan bantuan RTLH tersebar di Dusun Jatigadingsebanyak satu rumah, Gulunan sebanyak enam rumah, Ngeloasri sebanyak satu rumah, Sidorejosebanyak tiga rumah, Pedakansebanyak dua rumah, Ngemplak sebanyak empat rumah, Karang sebanyak dua rumah, dan Randusari sebanyak satu rumah.
Bupati Karanganyar Juliyatmono menuturkan dengan cara gotong royong antara PNS dengan warga dengan bisa menyatu dan menumbuhkan semangat kesetiakawanan.

“Rumah yang dipugar dan dibangun nantinya bisa sehat.Atap, lantai, dan dinding diperbarui sehingga rumah menjadi layak huni,” ujar Bupati Juliyatmono saat di lokasi pemugaran.

Kepala Badan Pemeberdayaan Masyarakat dan Desa (Bapermasdes) Kabupaten Karanganyar Utomo Sidi Hidayat menuturkan setiap KK mendapatkan Rp. 10 juta untuk pembangunan atap, lantai dan dinding, langsung di transfer ke rekening ketua kelompok. “Untuk tahun ini, Pemkabmengelontorkan dana Rp. 5 miliar, untuk 500 rumah yang tersebar di seluruh Kabupaten Karanganyar,” ujar Utomo Sidi Hidayat, saat di Balai Desa Kaliboto, Kamis (13/11).

Dari hasil pengamatan, terlihat pejabat eselon dua tak segan-segan mau membantu gotong royong dengan warga. Seperti Kepala Dinas Kependudukan danPencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karanganyar Larmanto, mengangkat genting dari atap rumah warga. Selain itu, kelompok dari Sekretarian Dewan (Sekwan) membantu mengaitkan kawat untuk besi.pd