17 Kelompok Meriahkan Festival Campursari

Karanganyar, Senin (10/11/2014)

Penampilan dari salah satu kelompok peserta Campursari, Minggu (09/11) di Festival Campursari, di Agro Wisata Sondokoro, Kecamatan Tasikmadu

Penampilan dari salah satu kelompok peserta Campursari, Minggu (09/11) di Festival Campursari, di Agro Wisata Sondokoro, Kecamatan Tasikmadu

Sebanyak 17 kelompok tampil dalam gelaran Festival Campursari Tingkat Kabupaten Karanganyar Tahun 2014. Mereka merupakan perwakilan dari setiap kecamatan, yang dilangsungkan di Agro Wisata Sondokoro, Kecamatan Tasikmadu, Minggu (09/11) pagi.

Bupati Karanganyar Juliyatmono saat membuka acaramenuturkan diharapkan dimunculkan potensi-potensi, dan bisa menyalurkan bakat dan minat dari kelompok-kelompok seniman maupun seniwati campursari yang ada di Bumi Intanpari.

“Musik campursari hadir di tengah-tengah masyarakat mendapat tempat di semua kalangan, baik muda maupun tua. Syairnya, mudah diingat, dihafal dan mengambil tema-tema dari masyarakat,” ujar Bupati Juliyatmono.

Dari informasi yang dihimbun, setiap kelompok diharuskan menyanyikan dua lagu, yakni wajib dan pilihan,dan dalam waktu dua puluh menit.

“Untuk lagu wajib mengambil tema tentang potensi atau gambaran daerah kecamatan masing-masing,” jelas Istar Yunianto, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karanganyar, saat acara.

Dia mencontohkan, untuk Kecamatan Ngargoyoso lagu wajib Plesir Ing Ngargoyoso, Kecamatan Gondangrejo membawakan lagu Maju Terus Gondangrejo, sedangkan Kecamatan Colomadu yaitu Tresnaku Ing Colomadu. Sedangkan setiap penampilan dari masing-masing kelompok, di nilai oleh tim juri terdiri dari Darno (ISI Surakarta), Danis Sugianto (Musisi), dan Lukas Danasmoro (Taman Budaya).

Dari hasil penilaian, terpilih sebagai juara I Kecamatan Matesih, Juara II Kecamatan Karanganyar, dan Juara III Kecamatan Mojogedang. Sedangkan Juara Harapan I Kecamatan Jaten, Tawangmangu dan Jumantono masing-masing Juara Harapan II serta III. Untuk juara Vokalis terbaik, Indri dari Kecamatan Karanganyar.pd