Razia Gabungan, Dalam Satu Jam Puluhan Truk Di Tilang

Karanganyar, Kamis (06/11/2104)

Ilustrasi

Ilustrasi

Razia gabungan melibatkan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Karanganyar, Unit Pelayanan Perhubungan (UPP) Surakarta, dan Satlantas Polres Karanganyar berhasil menindak puluhan truk.

Operasi yang dilangsungkan di halaman Kantor Bidang Pengendalian, Lalung,dalam waktu satu jam, dimulai pukul 10.00 sampai 11.00, menindak 21 truk dari 42 truk yang melintas di Jalan Karanganyar-Jatiyoso.

Kabid Pengendalian Operasional (Dalops), Joko Mulyono menuturkan, operasi ini memakai alat timbang portabel. Setiap truk ditimbang berat beban muatan. “Dari timbangan itu dapat diketahui secara langsung, berapa besar beban muatan dari Jumlah Berat yang Diijinkan (JBI) setiap truk,” ujar Joko Mulyono, Rabu (05/11) di lokasi.

Dari hasil pengamatan, terlihat puluhan truk yang melanggar JBI. Salah satu truk yang ditindak, bahkan beban muatan sampai 11 ton, padahal JBI nya 7500 kilogram. Karena melanggar, pengemudi langsung ditindak dikenai tilang. Selain itu, juga diperiksa kelengkapan surat-surat SIM, STNK, dan Buku KIR.

Kanit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli (Turjawali) Polres Karanganyar, Ipda Sudirman menyambut baik razia tersebut. “Demi keselamatan pengemudi, kendaraan maupun pemakai jalan lain dapat dilakukan bersama-sama antar instansi,” ujarnya. pd