Jamaah Haji Tiba Kembali Di Karanganyar

Karanganyar, Senin (03/11/2014)

Bupati Karanganyar Juliyatmono, saat menyambut kedatangan jamaah haji kloter 58 dari Karanganyar, di Debarkasi Haji, Donohudan, Sabtu (01/11)

Bupati Karanganyar Juliyatmono, saat menyambut kedatangan jamaah haji kloter 58 dari Karanganyar, di Debarkasi Haji, Donohudan, Sabtu (01/11)

Jamaah haji dari Kabupaten Karanganyar telah kembali dan sampai di kampung halamannya masing-masing. Kelompok terbang (Kloter) 58 bersama rombongan haji Kabupaten Sukoharjo sampai di Debarkasi Haji, Donohudan tiba pukul 17.27, sedangkan kloter 59 dengan Kabupaten Klaten datang pukul 23.30, Sabtu (01/11) malam.

Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo langsung menyambut kedatangan rombongan jamaah haji di Donohudan. “Selamat datang dan tiba kembali di Bumi Intanpari. Bisa berkumpul kembali dengan keluarga dengan predikat haji. Semoga mabrur,” ujar Bupati Juliyatmono.

Musta’in Ahmad, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, menjelaskan rombongan setelah dari Donohudan, selanjutnya kloter 58 diantar dengan menggunakan enam bus sampai di Masjid Agung Karanganyar. Kemudian untuk kloter 59 dengan tiga bus. “Namun sebanyak 58 jamaah asal Gondangrejo dan 42 jamaah asal Colomadu diantar langsung ke tempat masing-masing melalui petugas PPIH, agar bisa segera berkumpul dengan keluarga,” jelas Musta’in.

Lebih lanjut, dia menjelaskan terdapat jamaah haji yang dipulangkan lebih awal (tanazul) asal Kecamatan Jaten, pada 27Oktober dikarenakan sakit, yaitu Sudarko dan Istianah. “Selain itu, ada yang dipulangkan lebih dulu ke tanah air karena sakit, yakni Herawan Sugiono dari Kecamatan Kebakramat pada tanggal 15 Oktober 2014, dan Suyoto dari Kecamatan Matesih pada tanggal 19 Oktober 2014 sore hari di Bandara Adi Sumarmo,” ujar Musta’in Ahmad.

Dari informasi yang diperoleh, di kloter 58 terdapat dua jamaah yang meninggal dunia yakni, Supardi Truno Joyo, 54, warga Dusun Ngamban, Desa Buran, Kecamatan Tasikmadu, meninggal di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAB) pada 10 Oktober 2014. Selain itu juga Warsiti Marto Suwarno, 72, beralamat di Desa Paulan, Kecamatan Colomadu, meninggal pada 15 Oktober 2014 di RSAB, jenazah keduanya dimakamkan di Ma’la, Makkah.

Untuk tahun ini, dari data yang diperoleh, terdapat 294 jamaah untuk kloter 58 dan kloter 59 sebanyak 145 jamaah yang berangkat ke tanah suci pada 22 September lalu. pd