Lomba Asah Terampil Bagi Gapoktan

Karanganyar, Kamis (30/10/2014)

Enam kelompok maju ke babak final Asah Terampil Gapoktan, Kamis (30/10) di Balai Pertemuan Warga Perum Permai Jungke, Kecamatan Karanganyar.

Enam kelompok maju ke babak final Asah Terampil Gapoktan, Kamis (30/10) di Balai Pertemuan Warga Perum Permai Jungke, Kecamatan Karanganyar.

Enam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) maju final pada Lomba Asah Terampil Kelompok Tani se Kabupaten Karanganyar, yang diselenggarakan Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan Dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Karanganyar, di Balai Pertemuan Warga Perum Permai Jungke, Kecamatan Karanganyar, Kamis (30/10).

Supramnaryo, Kepala BP4K Kabupaten Karanganyar menuturkan pada kegiatan final ini merupakan hasil dari babak penyisihan yang dilakukan seleksi di tingkat Kecamatan. Selain itu juga menyambut HUT ke 97 Kabupaten Karanganyar.

“Lomba ini meliputi beberapa babak, mulai pertanyaan wajib, lemparan, rebutan, dan praktek. Pada babak praktek, peserta diminta untuk okulasi bibit pohon durian dan membuat biopestisida,” ujar Supramnaryo saat ditemui di sela-sela lomba.

Setelah melalui rangkaian babak lomba. Akhirnya sebagai pemenang juara satu dengan nilai 1540, Gapoktan Tani Maju, Desa Ganten, Kecamatan Kerjo. Juara dua, Makarti Tani, Kelurahan Tegalgede, Kecamatan Karanganyar dengan perolehan nilai 1330. Disusul, juara tiga Karya Tani, Desa Dawung, Kecamatan Matesih dengan nilai 1110.

Selanjutnya sebagai Juara Harapan satu, Gapoktan Bangun Karyo Tani, Desa Jati, Kecamatan Jaten. Harapan dua, Ngudi Makmur, Desa Kebak, Kecamatan Jumantono, dan Harapan tiga Bumi Lestari, Desa Karangpandan, Kecamatan Karangpandan. Masing-masing memperoleh nilai 1090, 980, dan 930.

Bupati Karanganyar Juliyatmono saat memberikan sambutan mengatakanasah terampil ini merupakan salah satu metode penyuluhan untuk menyebarkan teknologi pertanian sekaligus mengetahui seberapa besar hal itu mampu diadopsi para kelompok tani.

“Saya harapkan para kelompok tani, penyuluh dan lembaga terkait mampu mewujudkan pertanian yang lebih maju dan penuh kreatifitas secara terus menerus,” ujar Bupati Juliyatmono.

Lebih lanjut, Bupati mengajak untuk mendorong tumbuhnya wirausaha pertanian yang handal, mampu menyajikan berbagai produk hasil kegiatan kelompok tani yang ditangani secara modern, memiliki nilai tawar dan nilai jual yang lebih baik.pd