Linmas Dilatih Tanggulangi Kebakaran

Karanganyar, Selasa (28/10/2014)

Simulasi linmas menanggulangi bencana kebakaran, Senin (27/10) saat gladi lapang, di lapangan belakang DPRD Kabupaten Karanganyar

Simulasi linmas menanggulangi bencana kebakaran, Senin (27/10) saat gladi lapang, di lapangan belakang DPRD Kabupaten Karanganyar

Anggota linmas di Kabupaten Karanganyar dilatih tentang teknis-tenis lapangan dalam penanggulangan bencana kebakaran. Selain itu juga meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan ketrampilan.

Mei Subroto, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Karanganyar, mengatakan kegiatan gladi lapang dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) linmas berlangsung dari 27 Oktober sampai 14 November 2014.

“Peserta gladi lapang sebanyak 340 anggota linmas dari masing-masing Desa / Kelurahan. Sedangkan Peningkatan SDM diikuti 935 personil dari 17 Kecamatan. Masing-masing 55 peserta untuk dilatih baris –berbaris di Kecamatan masing-masing,” jelas Mei Subroto, Senin (28/10) disela-sela acara saat gladi lapang. Sedangkan untuk gladi lapang dilaksanakan di lapangan belakang DPRD dengan simulasi penanggulangan bencana kebakaran.

Di simulasi tersebut, dua anggota linmas mengadakan patroli rutin di rumahpenduduk. Saat berkeliling, mereka menjumpai dua rumah yang mengeluarkan asap tebal dan terlihat api sudah menjalar. Dengan kesigapan, anggota linmas segera mengevakuasi barang-barang pemilik rumah dan memukul kentongan tanda bahaya. Sesaat kemudian, datang bantuan linmas dengan membawa APAR (Alat Pemadam Apir Ringan).

Karena api cepat merambat dan semakin membesar, linmas meminta bantuan Pemadam Kebakaran untuk menjinakkan api. Setelah datang, linmas turut membantu memadamkan nyala api dan juga mengevakuasi korban-korban untuk dibawa ketempat aman, dan meminta bantuan tim medis untuk mengobati korban.

Pada saat sambutan pembukaan, Bupati Karanganyar Juliyatmono menuturkan pendekatan persuasif selalu dikedepankan. “Saya mengajak kepada semua warga masyarakat Kabupaten Karanganyar untuk menjaga suasana tertib agar tercipta kondusifitas wilayah masing-masing,” ujar Bupati Juliyatmono.pd