Pedoman Peringatan Hari Jadi Ke-97 Kabupaten Karanganyar Tahun 2014

hutkra97

  1. Dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-97 Kabupaten Karanganyar pada tanggal 18 Nopember 2014, Pemerintah Kabupaten Karanganyar melalui kepanitiaannya segera mempersiapkan segala sesuatunya untuk kelancaran acara dimaksud.
  2. Peringatan Hari Jadi Ke-97 Kabupaten Karanganyar mengambil tema :

    KARANGANYAR MAJU DAN BERBUDAYA

Adapun rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi Ke-97 Kabupaten Karanganyar Tahun 2014 adalah sebagai berikut:

1 Kamis, 9 Oktober 2014 (Festival Desain Batik Kab. Karanganyar).
Tempat di Dinas Pariwisata dan kebudayaan dengan jumlah peserta 77 orang dan diambil 10 besar yang akan dinilai menjadi 3 besar.
2 Selasa, 28 Oktober 2014 (Festival Karawitan)
Tempat di Gedung Wanita yang diikuti berbagai Group Karawitan yang ada di Kab. Karanganyar.
3 30 Oktober s.d. 16 Nopember 2014 (Kejuaraan Sepak Bola)
Lomba sepak bola antar PNS/ Perangkat Desa/ Kelurahan antar Kecamatan se Kabupaten Karanganyar bertempat di Stadion 45 Karanganyar. Sebagai acara tambahan sebelum final dilaksanakan kegiatan eksibisi sepak bola antara Muspida dan para wartawan (16 Nopember 2014).
4 8 s.d 9 Nopember 2014 (Lomba Tenis Meja di Gelanggang Olah Raga (GOR)  R. Mas. Sahid Karanganyar)
5 Minggu, 9 Nopember 2014 (Festival Campur Sari)
Tempat Wisata Sondokoro PG. Tasikmadu dengan peserta dari berbagai kelompok/ Group Campur Sari yang ada di Kab. Karanganyar.
6 Senin, 10 Nopember 2014 (Lomba Paduan Suara)
Diikuti oleh semua SKPD/ Unit KORPRI se Kabupaten Karanganyar.
7 11 s.d. 25 Nopember 2014 (Pemasangan Umbul-umbul)
Pemasangan umbul-umbul mulai di depan Kantor, Sekolah, Perusahaan, Balai Desa/ Kelurahan, sepanjang jalan lawu, jalan desa serta tempat-tempat lainnya yang dipandang strategis.
8 Jumat, 14 Nopember 2014 (Ziarah)
Ziarah ke makam-makam pendiri dan sesepuh Kabupaten Karanganyar meliputi, antara lain :

  1. Makam Randusongo di Desa Gaum Kecamatan Tasikmadu;
  2. Makam Nyi Ageng Karang di Ngloji Karanganyar;
  3. Makam Temuireng di Kelurahan Tegalgede, Kecamatan Karanganyar;
  4. Makam Mengadeg Kecamatan Matesih.

Tata Pelaksanaannya :

  1. Rombongan Bupati transit di Rumah Dinas Bupati Karanganyar;
  2. Kepada para camat yang ketempatan lokasi ziarah untuk menyiapkan tempat dan segala sesuatunya;
  3. di lanjutkan Jumatan Keliling (Jumling) di Masjid Giribangun
9 15 s.d. 19 Nopember 2014 (Pengibaran Bendera Merah Putih)
Pengibaran Bendera Merah Putih satu tiang penuh selama 5 (lima) hari berturut-turut diseluruh Instansi Pemerintah, Perusahaan dan Masyarakat Kabupaten Karanganyar.
10 Minggu, 16 Nopember 2014 (Senam Sehat dan Jalan Santai)
Senam sehat dan jalan santai diikuti peserta sejumlah ± 9.700 orang terdiri dari siswa-siswi sekolah, PNS, TNI, POLRI, karyawan–karyawati perusahaan, Ormas dan masyarakat umum. Bertempat di Alun-alun Kabupaten Karanganyar.
11 Senin, 17 Nopember 2014
  1. Malam Tirakatan
    Malam tirakatan di Plataran Alun-alun Kabupaten Karanganyar disediakan tumpengan sejumlah 97 tumpeng dari semua SKPD, BUMN/ BUMD dan instansi vertikal pada jam 21.30 s.d. 00.00 WIB diiringi karawitan dari juara I dalam festival karawitan. Tokoh/sesepuh yang akan memberikan wejangan/ pesan-pesan adalah Ki Mantep Sudarsono.Malam tirakatan juga dilakukan sampai tingkat RT dengan susunan acara meliputi: menyanyikan Lagu Indonesia Raya, lagu Desaku, membacakan Teks Pancasila, Sambutan Bupati Karanganyar dan pembacaan sejarah berdirinya Kabupaten Karanganyar.Pakaian Bapak beskap landung dan Ibu kebaya.
  2. Festival Lampion
    Festival lampion akan dilakukan pada malam tirakatan yaitu padatanggal 17 Nopember 2014 di Plataran Alun-alun Kabupaten Karanganyar pada saat acara tirakatan dengan peserta dari siswa-siswi SLTA.
12 Selasa, 18 Nopember 2014 (Upacara)
Upacara Peringatan Hari Jadi Ke-97 Kabupaten Karanganyar terpusat di Alun-alun Kabupaten Karanganyar, bertindak selaku inspektur upacara Bupati Karanganyar, dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Peserta upacara hadir pukul 07.00 WIB untuk melaksanakan gladi bersih dan dalam pelaksanaan upacara menggunakan Bahasa Jawa.
  2. Pakaian pada saat upacara untuk pria beskap jangkep, sedangkan untuk wanita memakai kebaya.
  3. Setiap Kecamatan agar mengikutsertakan perwakilannya untuk mengikuti upacara di Alun-alun Kabupaten Karanganyar.
  4. Pada saat prosesi upacara akan ditampilkan tarian kolosal perjuanganRaden Mas Sahid dengan peserta sebanyak 970 orang terdiri dari siswa SLTP dan SLTA se Kabupaten Karanganyar.
  5. Ketentuan upacara dan jumlah peserta akan diumumkan kemudian oleh seksi upacara.
13 Rabu, 19 Nopember 2014 (Pagelaran Wayang Kulit)
Pagelaran Seni Budaya Wayang kulit semalam suntuk Tridimensi dengan 3 (tiga) dalang (Ki Mantep Sudarsono, Ki Joko Edan dan Ki Entus Susmono) pukul 19.00 WIB bertempat di Alun-alun Kabupaten Karanganyar.
14 Kamis, 20 Nopember 2014 (Karnaval/ Pawai Pembangunan)
Karnaval/ Pawai Pembangunan dengan menggunakan kendaraan roda 4 diikuti oleh semua perwakilan SKPD, BUMN, BUMD dan Perusahaan-Perusahaan yang ada
di Kabupaten Karanganyar. Start dari Lapangan Desa Jati Kecamatan Jaten ke utara-Perempatan Lampu Merah Papahan ke timur-Panggung kehormatan di depan Rumah Dinas Bupati Karanganyar ke timur-Perempatan Lampu Merah Terminal Bejen ke selatan-finish di Perempatan Lampu Merah Tegalgede.
15 Minggu, 23 Nopember 2014 (Adventure Trail)
Start dan finish di Alun-alun Kabupaten Karanganyar yang akan diikuti ± 970 peserta dari berbagai daerah dan kalangan se Kabupaten Karanganyar.
16 Tanggal, 22 s.d. 26 Nopember 2014 (Pameran Pembangunan)
Pameran Pembangunan dilaksanakan sepanjang lingkar ruas jalan Alun-alun Kabupaten Karanganyar mulai dari jalan sebelah timur Setda ke utara sampai monumen gerakan sayang ibu ke barat dilanjutkan ke sebelah barat Setda. Tiap malam ditampilkan hiburan musik maupun campur sari selama pameran.
17 Kamis, 27 Nopember 2014
  1. Khitanan Massal
    Jumlah peserta khitanan massal 97 orang, bertempat di Masjid Agung Karanganyar dimulai jam 08.00 WIB s.d selesai.
  2. Nikah Massal
    Jumlah peserta nikah massal 97 pasang bertempat di Rumah Dinas Bupati Karanganya dimulai jam 08.00 WIB s.d  selesai.
18 Kamis, 27 Nopember 2014 (Pertunjukan Seni Musik “Wali Band”)
Tempat pertunjukan musik Wali Band di Alun-alun Kabupaten Karanganyar dimulai jam 19.00 WIB s.d selesai.

Agar peringatan Hari Jadi Ke-97 Kabupaten Karanganyar Tahun 2014 dapat berjalan dengan tertib, sukses dan lancar, untuk itu diminta perhatiannya kepada :

  1. Semua Kepala SKPD untuk melakukan gerakan kebersihan dan penghijauan di lingkungan masing-masing serta memasang spanduk yang bertuliskan Dirgahayu Hari Jadi Ke-97 Kab. Karanganyar  “KARANGANYAR MAJU DAN BERBUDAYA”;
  2. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga agar mensosialisasikan dan memantau kepada jajarannya sampai ke sekolah-sekolah;
  3. Kepala Dinas Kesehatan untuk mensosialisasikan dan memonitor pelaksanaan sampai di tingkat Puskesmas/Puskesmas Pembantu;
  4. Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi agar mensosialisasikan ke semua perusahaan/industri yang berada di wilayah Kabupaten Karanganyar untuk berpartisipasi dalam pameran dan karnaval/pawai pembangunan;
  5. Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika agar mensosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat di lingkungan Kabupaten Karanganyar melalui baliho, pamflet, pers, siaran mobil keliling dan siaran Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) “RADIO SWIBA”;
  6. Para Camat agar mensosialisasikan dan memantau pelaksanaan dengan tertib serta melaporkan kegiatan pelaksanaan di wilayah masing-masing sampaike tingkat Desa/Kelurahan, bahkan sampai ke tingkat RT;
  7. Ketua Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Kabupaten Karanganyar agar mensosialisasikan ke semua Perguruan Tinggi yang berada di wilayah Kabupaten Karanganyar;
  8. Hal-hal teknis yang menyangkut ketentuan dan pelaksanan lomba, festival maupun kejuaraan akan diatur dan diberitahukan secara khusus oleh masing-masing seksi;

Demikian surat edaran ini dibuat untuk dapat dilaksanakan dan menjadikan perhatian.

 

a.n. BUPATI KARANGANYAR
Sekretaris  Daerah
Selaku
Ketua Umum Panitia Peringatan
Hari Jadi Ke-97 Kabupaten Karanganyar

TTD

Drs. SAMSI, M.Si

Download Surat Edaran