Pemkab Beri Bantuan Dana Untuk UKM

Karanganyar, Kamis (09/10/2014)

Wakil Bupati Karanganyar, saat memberikan bantuan permodalan secara simbolis untuk UKM, Rabu (08/10) di Balai Desa Ngijo, Kecamatan Tasikmadu

Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo saat memberikan bantuan permodalan secara simbolis untuk UKM, Rabu (08/10) di Balai Desa Ngijo, Kecamatan Tasikmadu

Pemerintah Kabupaten Karanganyar memberikan bantuan untuk 3.420 Usaha Kecil Mikro (UKM) yang tersebar di 17 Kecamatan di Kabupaten Karanganyar. Dana bantuan yang diberikan itu setiap Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang mewadahi UKM.

Nur Halimah, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM mengatakan bantuan dana permodalan berupa uang sebesar Rp. 10 juta diberikan untuk setiap KUB yang ada di Kabupaten Karanganyar yang bersumber dari APBD Tahun 2014 dengan total sebesar Rp. 3,42 miliar.

“KUB tersebut sebanyak 342 kelompok diberi bantuan agar dapat menumbuhkembangkan UKM dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat, selain itu juga menjadikan peran aktif kelompok usaha yang mandiri,” ujar Nur Halimah di hadapan Wakil Bupati Kabupaten Karanganyar, Rohadi Widodo, saat membuka Pelatihan Bagi UKM, Rabu (08/10), di Balai Desa Ngijo Tasikmadu.

Nur Halimah menjelaskan, pelaksanaan pelatihan tersebut dilakukan di berbagai tempat sesuai jadwal masing-masing antara lain, Senin-Selasa (29-30/09),yang diikuti 240 peserta dari Kecamatan Jumantono, Jumapolo, Jatipuro, dan Jatiyoso di Jumapolo.

“Sedangkan untuk Kecamatan Karangpandan, Tawangmangu, Matesih, dan Ngargoyoso diikuti 290 peserta dilaksanakan, Rabu-Kamis (01-02/10) di Kecamatan Karangpandan. Selain itu untuk Kecamatan Jenawi, Kerjo, Mojogedang diikuti 215 peserta, pada Senin-Selasa (06-07/10) di Kerjo,” jelasnya.

Dia menambahkan, selanjutnya juga diadakan pada Rabu-Kamis (08-09/10) untuk Kecamatan Karanganyar, Tasikmadu, dan Jaten, yang diikuti sebanyak 565 peserta. Dan terakhir untuk Kecamatan Kebak Kramat, Gondangrejo, dan Colomadu, Senin-Selasa (13-14/10) di Colomadu. “Kami memberikan materi pelatihan konveksi, pengolahan makanan dan minuman, pengemasan, pertukangan, maupun cinderamata selama dua hari,” katanya saat dilokasi.

Tahapan ini dimulai dari masing-masing kelompok mengajukan proposal dasar, kemudian pemberian pelatihan selama dua hari, pemberian bantuan dana modal melalui transfer untuk setiap kelompok mendapatkan Rp. 10 juta, kemudian pendapmpingan usaha dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) setempat, dan monitoring evaluasi.

Wakil Bupati Kabupaten Karanganyar, Rohadi Widodo menuturkan kegiatan ini merupakan Misi Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Karanganyar 2013-2018, Penciptaan Wirausahawan Mandiri. “Melalui pemberian bantuan modal dan pelatihan ini, diharapkan masyarakat yang bergerak di bidang UKM dapat meningkatkan usaha dan  pendapatan sehingga roda perekonomian bisa cepat dan maju,” kata Rohadi Widodo. pd