Memberikan Pelayanan Informasi Harus Cepat

Karanganyar, Selasa (30/09/2014)

Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat membuka Forum Kehumasan dan Bimtek PPID, di ruang Podang VIP Setda Kabupaten Karanganyar, Selasa (30/09) pagi.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat membuka Forum Kehumasan dan Bimtek PPID, di ruang Podang VIP Setda Kabupaten Karanganyar, Selasa (30/09) pagi.

Dalam era saat ini, publik menuntut keterbukaan informasi secara cepat dan tepat serta di implementasikan secara lebih baik. Bupati Kabupaten Karanganyar, Juliyatmono mengemukakan era keterbukaan ini publik menginginkan informasi yang di rencanakan maupun yang akan di lakukan oleh Pemerintah.

“Rakyat ingin keterbukaan informasi, sudah tidak lagi jamannya ditutup-tutupi. Jika ada masyarakat yang ingin tau, namun tidak terbuka berarti tidak siap keterbukaan,” kata Bupati Juliyatmono, saat membuka Forum Kehumasan dan Bimbingan Teknis Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, Selasa (30/09) di ruang Podang VIP, Setda Kabupaten Karanganyar.

Bupati juga menuturkan yang ditunggu rakyat adalah aktivitas dari Pemerintah dalam memberikan pelayanan. Dari derasnya informasi, rakyat menuntut hak-hak melalui percepatan pelayanan. “Fungsi kehumasan di setiap Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) menjadi penting dalam pelayanan masyarakat. Berikan informasi pemerintah jangan bohong, tapi cepat, dan tepat,” kata Juliyatmono.

Ditempat yang sama, Nunung Susanto, Kepala Dinas Perhubungan Komunkasi dan Informasi (Dishubkominfo) menuturkan tugas PPID memberikan informasi publik yang cepat, tepat, dan sederhana. “Terdapat dua kelompok klasifikasi informasi yakni informasi untuk publik dan informasi yang dikecualikan sesuai UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik,” ujar Nunung Susanto.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 70 orang dari Sekretaris SKPD, Sekretaris Kecamatan maupun Kelurahan. pd