Tumpeng Organik Meriahkan Hari Tani di Karanganyar

Karanganyar, Kamis (25/09/2014)

Bupati Karanganyar, Juliyatmono (kiri) saat memberikan tumpeng ke petani di peringatan Hari Tani Kabupaten Karanganyar 2014, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Rabu (24/09) malam.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono (kiri) saat memberikan tumpeng ke petani di peringatan Hari Tani Kabupaten Karanganyar 2014, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Rabu (24/09) malam.

Sejumlah tumpeng organik diarak oleh kelompok tani se-Kabupaten Karanganyar, Rabu (24/09) malam, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kabupaten Karanganyar. Tidak hanya itu, perwakilan siswa SMP se-Bumi Intanpari juga menyelenggarakan workshop tentang pengolahan sampah organik dan melakukan deklarasi serta pembentukan Komunitas Pemuda Organik (Pernik). Rentetan kegiatan tersebut dilakukan guna memperingati Hari Tani 2014 di Karanganyar.

Pantauan di lapangan memperlihatkan tumpeng yang terdiri dari sayuran dan bahan makanan organik diarak oleh para petani. Usai diarak, tumpeng-tumpeng tersebut dibagikan kepada petani dan warga yang menghadiri acara tersebut. Dengan penuh syukur, para petani, sesepuh serta warga berbaur menyantap tumpeng.

Salah seorang warga yang menghadiri acara tersebut, Seno mengungkapkan baru kali pertama menghadiri acara semacam itu. Dirinya berharap Karanganyar mampu menghasilkan bahan pangan dengan kualitas bagus dan bisa mencukupi kebutuhan warga. “Acaranya sangat menarik,” katanya.

Sementara itu, selain memperingati Hari Tani, acara tersebut juga diharapkan bisa menggugah kesadaran para generasi muda untuk memanfaatkan potensi-potensi yang ada. Di antaranya sampah yang bisa diolah menjadi pupuk organik.

Saat menghadiri acara tersebut, Bupati Karanganyar, Juliyatmono menuturkan saat ini kebutuhan masyarakat untuk mengkonsumsi hasil pertanian organik cukup tinggi. “Hasil pertanian organik bisa membuat tubuh kita tetap sehat, dan banyak dimintai” jelasnya.pd