183 KUBE Karanganyar Terima Dana Hibah

DSC_0024

Bupati Karanganyar Juliyatmono Secara Simbolis Serahkan Bantuan

Sebanyak 183 KUBE (Kelompok Usaha Bersama) menerima dana hibah untuk tahap I dengan jumlah total 5 M 138 juta rupiah. “ Penyerahan dana hibah dan bantuan sosial yang bersumber pada APBD 2014 ini akan melalui dua tahapan. Tahap I sebesar 5 Milyar lebih akan diberikan pada 183 KUBE meliputi Kelompok peternakan, perikanan dan pembangunan. Untuk selanjutnya akan menyusul setelah ada perubahan, sekitar 69 KUBE akan menerima dana hibah pada tahap ke-2 nanti,” terang Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesra Setda Karanganyar Agus Cipto Waluyo saat menyampaikan laporannya dalam Pengarahan Bantuan Sosial dan Dana Hibah, Kamis (18/09) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

            “ Pengarahan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberi pedoman kepada Camat, Lurah, Kades dan juga penerima bantuan dana hibah secara jelas, transparan sehingga dapat dipertanggungjawabkan. Karena ini kaitannya dengan penyaluran bantuan sosial dan dana hibah kepada setiap kelompok usaha bersama (Kube), maka harus benar-benar dipahami sesuai prosedur dan tepat sasaran,” tambahnya.

            Sementara itu Bupati Karanganyar Juliyatmono dalam pengarahan menekankan agar dana hibah tahap I ini benar-benar digunakan tepat sasaran. “ kalau nanti sudah menerima uang sebagai bantuan dana hibah, untuk segera digunakan. Seperti Kelompok peternakan, dana hibah diperuntukkan membeli ternak sapi, Kelompok perikanan dana hibah diperuntukkan membeli benih ikan, pompa air, kolam UPR,” terang Bupati dihadapan para penerima dana hibah yang dihadiri oleh Kapolres, Kajari, bank Jateng Cabang Karanganyar.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penyerahan bantuan sosial dan dana hibah secara simbolis meliputi 30 juta rupiah untuk pembelian ternak sapi kepada KUBE Ternak BKM Kalurahan Popongan, 50 juta rupiah untuk pembelian ternak sapi kepada Kelompok Ternak Tani Mulyo, 5000 Benih ikan, pompa air, terpal, jaring, kolam UPR. in/ad