Perangkat Desa Dituntut Bisa Gunakan Teknologi

Karanganyar, Rabu (17/09/2014)

Para perangkat desa / kelurahan mengikuti pelatihan aplikasi perkantoran di ruang Podang 1, Setda Kabupaten Karanganyar, Rabu (17/09) pagi.

Para perangkat desa / kelurahan mengikuti pelatihan aplikasi perkantoran di ruang Podang 1, Setda Kabupaten Karanganyar, Rabu (17/09) pagi.

Dalam menghadapi perkembangan jaman yang semakin cepat dan berkembang, perangkat desa dituntut bisa mengunakan teknologi, khususnya untuk perkantoran. guna mewujudkan tujuan tersebut, Pemkab Karanganyar menyelenggarakan pelatihan aplikasi perkantoran di Ruang Podang 1 Sekretariat Daerah (Setda) Karanganyar, Rabu (17/09).
Dalam acara tersebut, Bagian Pengelolaan Data Elektronik (PDE) bertindak sebagai tutor. Sementara itu, perwakilan dari perangkat desa/ kelurahan yang berjumlah 177 orang menjadi pesertanya.
Ratusan peserta itu dibagi menjadi tiga kelompok. Di mana, satu kelompok terdiri dari 60-an orang dan diberi kesempatan mengikuti pelatihan selama sehari. Artinya, Bagian PDE memberikan pelatihan selama tiga hari berturut-turut terhitung Rabu (17/09) hingga Jumat (19/09). Pihaknya pun mematok waktu pelatihan yakni pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.
Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengungkapkan pola pikir masyarakat sudah jauh berkembang, termasuk dalam hal informasi dan komunikasi. Salah satunya yakni sisi informasi melalui internet. Apalagi, sistem administrasi di Bumi Intanpari juga sudah modern, dengan menggunakan komputer dan jaringan internet.
Dengan demikian, para perangkat desa/ kelurahan juga dituntut profesional dengan menguasai komputer. “Jangan sampai perangkat desa ketinggalan informasi dan tidak bisa menggunakan komputer. Kami harap semua sistem administrasi juga sudah menggunakan komputerisasi sehingga mampu menghemat waktu dan tenaga. Maka dari itu, kami harap semua perangkat desa/ kelurahan melek teknologi,” katanya. pd