Ribuan Pramuka Sambut ETK 2014

Karanganyar, Senin (25/08/2014)

Romongan Estafet Tunas Kelapa (ETK) 2014 disambut dengan antusias sepanjang perjalanan dari Lapangan Matesih sampi Jurug, Minggu (24/08)

Romongan Estafet Tunas Kelapa (ETK) 2014 disambut dengan antusias sepanjang perjalanan dari Lapangan Matesih sampi Jurug, Minggu (24/08)

Arak-arakan rombongan Estafet Tunas Kelapa (ETK) 2014 disambut dengan antusias pramuka di sepanjang jalan. Perjalanan menempuh jarak 44 kilometer tak menyurutkan derap langkah pramuka dari Siaga, Penggalang, dan Penegak dari Kwarcab Kabupaten Karanganyar.
Rombongan itu merupakan pasukan inti berjumlah 61 siswa membawa satu siswa pemimpin pasukan, dua pembawa sepanduk, 14 pembawa bendera merah putih, 14 pembawa bendera pramuka, 14 pembawa bendera pataka ETK, dan delapan pembawa tunas kelapa.
“Selain itu juga delapan siswa penggalang, empat siswa pembawa teks pesan Mabida, pesan Majelis Pembimbing Cabang, pesan Mabira, pembawa bendera morse, dan empat siswa bertongkat,” kata Harjono, Ketua Panitia ETK 2014 Kabupaten Karanganyar.
Harjono juga menjelaskan bahwa tujuan ETK ini untuk meningkatkan rasa disiplin, keteladanan, metal, fisik dan semangat pantang menyerah bagi generasi muda.
Sedangkan perjalanan dimulai dari Lapangan Desa Matesih, Kabupaten Karanganyar melewati tujuh etape yaitu Gedung MI Muhammadiyah Ceporan, Lapangan Desa Supan Tegalgede, kantor BPBD, dan jembatan Kalongan, kemudian Balai Desa Dagen, Perusahaan Semen Gresik di Jaten, sampai Desa Jurug, untuk diserahterimakan dan diteruskan ke Kota Surakarta.
“Tetap gelorakan semangat anti narkoba, dan jangan mencobanya. Sebagai generasi muda mempunyai semangat mencintai produk dalam negeri dan berjiwa gotong royong. Manfaatkan waktu muda dengan sebaik-baiknya dan bukan saatnya berleha leha dan teruslah berkarya,” ujar Bupati Karanganyar, Juliyatmono, saat membacakan pesan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di lapangan Matesih, Minggu (24/08) pagi.
Untuk menyemarakkan ETK 2014 ini juga diselenggarakan beberapa kegiatan antara lain lomba Kwartir Ranting, Ziarah ke Makam Tokoh-tokoh Pramuka dan Upacara bendera HUT Pramuka. pd