Tumplek Blek,Masyarakat Karanganyar Lihat Karnaval

Karanganyar, Selasa (19/08/2014)

Karnaval seni dan budaya meriahkan peringatan HUT RI ke 69 di Kabupaten Karanganyar

Karnaval seni dan budaya meriahkan peringatan HUT RI ke 69 di Kabupaten Karanganyar

Puluhan ribu masyarakat Kabupaten Karanganyar memadati sepanjang jalan Lawu sampai jembatan siwaluh. Antusias mereka dengan perhelatan bertema Karnaval Seni dan Budaya Tahun 2014 terlihat begitu tinggi.

Dari usia anak-anak,remaja,dewasa,dan orang tua. Ajang karnaval itu diikuti 98 kontingen dari Sekolah,SKPD, BUMD, Kecamatan, Perguruan Tinggi, dan RSUD. Masing-masing kontingen mengirimkan 100 orang.

Iring-iringan kontingen paling depan diikuti Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, diikuti pimpinan SKPD. Setiap kontingen menampilkan atraksi di depan Bupati Karanganyar, Juliyatmono dan tamu undangan yang berada di tenda kehormatan, di depan rumah dinas Bupati Karanganyar .
“Ini merupakan salah satu upaya untuk memunculkan potensi-potensi seni budaya dan kreativitas masyarakat Kabupaten Karanganyar” ujar Juliyatmono, dengan memakai baju lurik dan ikat kepala warna cokelat.

Dari hasil pengamatan, kreativitas ditampilkan ada yg memakai baju wayang orang, punokawan, petani, kostum batik carnival, dan reog.

“Senang sekali melihatnya, bahkan bisa menghibur,” ujar wakidi, yg datang dari Karangpandan.
Tidak hanya itu saja, Pemkab Karanganyar juga mengadakan Lawu Fair di tiga tempat, yakni papahan, di depan Kantor Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT), dan di terminal bejen yg berlangsung mulai pukul 19.00 WIB, Selasa (19/08) malam. Di tempat itu ditampilkan berbagai pertunjukan musik, tari, pantomim, maupun solo vokal.

Dilain tempat, pihak Kantor Kecamatan Tawangmangu juga mengadakan pawai yang sama yang dimulai dari lapangan Bener sampai terminal Tawangmangu. “Diikuti 35 kontingen dari berbagai unsur pendidikan, dan warga di 10 desa/kelurahan,” ujar Titik Umarni, Camat Tawangmangu, Selasa (19/08) saat ditemui dilokasi karnaval.

Ribuan warga terlihat menonton dari sepanjang jalan sekitar dua kilometer yang dilalui peserta karnaval. Kendati demikian, pelaksanaan bisa berjalan dengan aman dan tertib.pd