Berjalan Khidmad, Upacara Peringatan HUT RI ke 69

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Paskibrata, RR Pratiwi SP, pada Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 69, di Alun-alun Kabupaten Karanganyar, Minggu (17/08) pagi.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Paskibrata, RR Pratiwi SP, pada Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 69, di Alun-alun Kabupaten Karanganyar, Minggu (17/08) pagi.

Karanganyar, Senin (18/08/2014)

Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 69 di Kabupaten Karanganyar berjalan dengan lancar dan khidmat. Ribuan peserta upacara dari berbagai unsur pelajar, pegawai negeri sipil, pramuka, TNI, dan Polri. Di tenda kehormatan juga dihadiri para Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo, Muspida, anggota-anggota DPRD, Sekretaris Daerah Samsi, Kepala SKPD, Camat, dan Veteran.

Dari kejahuan terlihat barisan Pasukan Pengibar Bendera Tanah Air (Paskibrata) Kabupaten Karanganyar bersiap memasuki alun-alun sebagai tempat upacara pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih, Minggu (17/08) pagi.

Paskibrata yang selama 20 hari dilatih, berjalan dengan gagah dan rapi menuju tiang bendera. Kemudian, Raden Roro Pratiwi Sisphaningrum Priambodo, berasal dari SMK Penerbang Bina Dirgantara, Colomadu, sebagai pembawa bendera berjalan menuju ke hadapan Bupati Karanganyar, Juliyatmono untuk menerima sang Merah Putih. “Rasanya gugup,  soalnya ini pertama kali apalagi langsung berhadapan dengan Bupati,” ujar Pratiwi, setelah selesai acara.
Dara kelahiran, Sragen, 12 Mei 1998 itu merasa senang karena bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan lancar. “Ini hasil pengemblengan yang mengajarkan disiplin, tanggung jawab, dilatih fisik dan mental,” katanya lagi.

Saat membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Bupati Juliyatmono mengatakan kita yang berada di Jawa Tengah ini, yakin dan mampu menjadi agen perubahan dan kemajuan untuk mencapai tujuan Indonesia Merdeka.

“Kita tekankan untuk memperkokoh komitmen mencintai tanah air dimulai mencintai Kabupaten Karanganyar,  Jawa Tengah, negara ini untuk terus bersatu,” tambahnya setelah Upacara selesai.
Dia juga mengutip perkataan Bung Karno yaitu kita merdeka bertujuan semua untuk semua. Maka dari itu sebagai warga negara, komitmen menjaga persatuan dan kesatuan, dan memajukan Kabupaten Karanganyar.

Pada kesempatan itu juga ditampilkan defile barisan 2500 orang yang mengikuti upacara. Mereka berbaris rapi dan gagah dihadapan Bupati, Wakil Bupati, Muspida dan tamu undangan berjalan didepan Kantor Setda Kabupaten Karangayar. “Luar biasa, peringatan HUT RI ke 69 pada tahun ini. Apalagi ada defile seperti ini,” ujar Adi Prasetya, warga Kabupaten Karanganyar, ikut menonton acara. pd