Pemerintah dan TNI Kerjasama Berantas Buta Aksara

Karanganyar, Rabu (13/08/2014)

Bupati Karanganyar Juliyatmono didampingi Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Marthen Pasunda, menyerahkan buku dan alat tulis kepada peserta kegiatan belajar, Selasa (12/08) di Makodim Karanganyar

Bupati Juliyatmono didampingi Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Marthen Pasunda, menyerahkan buku dan alat tulis kepada peserta kegiatan belajar, Selasa (12/08) di Makodim Karanganyar

Peran Pemerintah dengan TNI dalam pendidikan di masyarakat, telah terwujud kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Karanganyar dengan Kodim 0727/Karanganyar dengan program pengentasan buta aksara.

Pengentasan buta aksara terhadap 353 warga di 11 Kecamatan dari 17 Kecamatan di Kabupaten Karangayar, bertujuan menurunkan jumlah penduduk yang buta aksara dan membantu pemerintah di pemberantasan buta aksara.

“Pelaksanaan dan pencapaian sasaran pada program Pengentasan Buta Aksara harus dapat direalisasikan segera dan berjalan dengan baik,” kata Bupati Karanganyar Juliyatmono, saat membacakan sambutan Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayjen Sunindyo di halaman Makodim 0727/Karanganyar, Selasa (12/8).

Untuk di Kabupaten Karanganyar melibatkan personil sebanyak 31 orang tutor dari TNI, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karanganyar delapan orang tutor, dan dari masyarakat delapan tutor.

Pada kesempatan itu, Juliyatmono juga memberikan semangat kepada para penyandang buta aksara agar selalu belajar dan mendapatkan pendidikan. “Untuk mendapatkan pendidikan hendaknya jangan terputus,” ujarnya.

Di wilayah Kodim 0727/Karanganyar terdapat 21 lembaga mitra 21 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang tersebar di pedesaan.pd