Hari Ini dan Besok Puncak Arus Mudik

Karanganyar, Sabtu (26/07/2014)

Arus lalu-lintas di jalan Lawu, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (26/07) siang

Arus lalu-lintas di jalan Lawu, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (26/07) siang

Puncak arus mudik tahun 2014 diperkirakan terjadi pada hari Sabtu dan Minggu (27-28/7). Hal itu dikarenakan para pemudik berangkat dari rumah masing-masing menjelang libur kantor. Kendaraan roda dua maupun empat akan terlihat padat menjelang sore hari melintasi ruas-ruas jalan di Kabupaten Karanganyar.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Karanganyar, Nunung Susanto  menuturkan untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas telah disiagakan enam pos pengamanan dengan dilengkapi tim kesehatan, di antaranya berada di pos Bejen, Palur, pertigaan Sroyo, perempatan Colomadu, Waru dan, Tawangmangu.

“Kami menghimbau kepada para pemudik agar benar-benar mempersiapkan berbagai hal untuk perjalanan mudik. Selain itu, sebaiknya menggunakan jalan alternatif agar terhindar dari kemacetan,” ujar Nunung Susanto, Sabtu (26/07) pagi.

Selain itu, tambah Nunung, untuk kendaraan berat tidak boleh melintas terlebih dahulu mulai H-4 sampai H+4 Lebaran 2014.”Kecuali truk pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM), gas, pos, sembako, dan pengangkut susu,”

Menurut pengamatan dari Dishubkominfo Kabupaten Karanganyar pada H-3 kemarin arus lalu lintas terlihat masih normal. Hanya saja di Jalan Lawu  laju kendaraan agak tersendat karena berjubelnya pembeli di Pasar Jumat. Terlihat petugas dari Polres Karanganyar menyeberangkan pejalan kaki.

Jumlah kendaraan dari luar kota pada hari biasa di Jalan Lawu (di tengah kota) mencapai 25.500 kendaraan/ hari pada jam sibuk, sedangkan setiap satu jam mencapai 4.400 kendaraan. “Kami memperkirakan pada menjelang Lebaran akan terjadi kenaikan sekitar 10 persen dibandingkan hari biasa,” jelas Nunung Susanto. pd