Panen Padi Sidenuk

panen sidenuk (1)

Penyerahan Bantuan Kepada Petani

Bertempat di desa Plosorejo Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar, Bupati Karanganyar Juliyatmono didampingi Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo beserta SKPD terkait melaksanakan Panen Padi Sidenuk Teknologi IPAT-BO (Intensifikasi Padi Aerob Terkendali-berbasis Organik) pada Rabu Pagi (23/07).

Dalam sambutannya Juliyatmono mengatakan rasa optimisnya bahwa petani di wilayahnya tertarik menanam Sidenuk dikarenakan benih tersebut cocok ditanam di wilayah yang kurang air seperti di wilayah Jumantono, Jatiyoso, Jatipuro dan Jumapolo serta sebagian di Tasikmadu dan Kebakkramat sedangkan di Matesih sendiri yang merupakan percontohan termasuk air nya cukup baik dikarenakan ada irigasi teknis.

Sementara itu Agus dari Kelompok Tani Rejo III melaporkan bahwa kegiatan demplot dilaksanakan pada masa tanam II dengan luas 10 Ha yang berlokasi di dua tempat Desa Klagon dan Desa Plosorejo. Para petani di dua desa itu menggunakan varietas  Sidenuk yang berasal dari penangkar benih Kerja Boyolali dengan total 250 Kg dan pupuk HUMIKA (Human Acid) asli Indonesia. Dari hasil yang diperoleh, para petani yakin ketahanan pangan nasional akan tercapai dengan target surplus 10 juta ton. ad