Cegah Rusuh Pilpres, Besok Karanganyar Gelar Deklarasi Damai

230613-ikhsan-deklarasi

Jelang pengumuman pemilihan presiden (Pilpres) 2014, Polres Karanganyar akan menggelar deklarasi damai bersama para stakeholder demi terciptanya kondusivitas di Bumi Intanpari, Senin (21/7/2014) besok. Para personel kepolisian juga masih terus disiagakan di sejumlah titik yang dianggap rawan.

“Besok (hari ini) kita adakan deklarasi bersama tim pemenangan pasangan Capres-Cawapres, Bupati serta jajarannya, dan petugas pengamanan lainnya,” kata Kapolres Karanganyar, AKBP Martireni Narmadiana, Minggu (20/7/2014).

Sejak sebelum pemungutan suara hingga kini, lanjutnya, para personelnya belum ditarik dari lokasi penugasan. Pasalnya, mereka harus membantu mengamankan Karanganyar dari ancaman kericuhan.

“Jadi anggota pengamanan belum kita tarik sejak awal. Malah kita tambah demi memperketat pengamanan,” ungkapnya.

Salah satu titik yang mendapat sorotan yakni Kecamatan Colomadu. Sebab, di wilayah setempat sebelumnya telah terjadi aksi koboi jalanan yang meneror warga.

Total Polres Karanganyar mengerahkan 573 personel di semua titik. Termasuk di Kantor KPU, pemerintahan, dan Sekretariat Parpol masing-masing kubu.

“Nanti kita bareng-bareng sama personel dari TNI. Yang kita takutkan itu euforia kemenangannya,” jelas Kapolres.

Sebelumnya, Kodim 0727/Karanganyar juga telah mengerahkan personel sebanyak satu SST atau 100 personel dari Yonif 408 Subrastha. Untuk membantu tugas pengamanan bersama kepolisian selama Pilpres ini, Kodim juga memperbantukan sebanyak 298 personel.

Sementara itu, Divisi Sosialisasi KPU Karanganyar, Muhammad Maksum mengatakan meski urusan pengumuman pemenang Pilpres itu ditangani oleh KPU Pusat, daerah tetap harus waspada.

Ia mengimbau agar seluruh tim sukses dari kedua pasangan Capres-Cawapres untuk tetap menjaga kondusivitas Karanganyar.

“Kita sudah memberi imbauan ke kedua tim sukses. Karena di daerah adalah basis. Dan ini merupakan tanggung jawab bersama. Bukan saja pihak keamanan,” tandasnya.

KPU Karanganyar sendiri tidak menyiapkan secara khusus perihal pengumuman pemenang Pilpres 2014 ini. Termasuk acara deklarasi damai yang direncanakan kepolisian bersama stakeholder.

“Itu (deklarasi damai) mungkin kegiatan yang kaitannya dengan para stakeholder. Tapi kita tetap harus sama-sama waspada,” pungkasnya.

Sumber : http://joglosemar.co/2014/07/cegah-rusuh-pilpres-besok-karanganyar-gelar-deklarasi-damai.html