Sidak Kelaikan Kendaraan Angkutan Mudik

DSC_0126

Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo Saat Cek Armada Angkutan Lebaran, Sabtu Pagi (19/07)

Wakil Bupati Rohadi Widodo bersama Kepala Dinas HUBKOMINFO Karanganyar didampingi Satlantas Polres Karanganyar mengadakan sidak kelaikan angkutan mudik lebaran di sejumlah PO, diantaranya PO Rosalia dan PO Langsung Jaya. Sabtu pagi (19/07). Kegiatan tersebut dilakukan sebagai wujud pelayanan masyarakat dalam hal keselamatan transportasi.

Dalam sidak ini, Petugas Dishubkominfo Karanganyar memeriksa kondisi bus angkutan mudik lebaran antara lain rem, sein, ban, wiper, pemecah kaca, dan kelengkapan administrasi. Armada yang dicek oleh petugas dapat dilaporkan bahwa secara garis besar kendaraan tersebut laik jalan.

“Armada kendaraan angkutan mudik yang laik jalan akan ditempeli stiker “Laik Jalan”, sedangkan yang belum laik akan di cek ulang oleh Dishubkominfo pada hari berikutnya”, ujar Rohadi

Rohadi menambahkan Pemkab Karanganyar akan mengadakan mudik gratis pada tanggal 22 Juli besuk dari Jakarta menuju Kab. Karanganyar. Sejumlah 10 bus sudah dipersiapkan untuk membantu warga Karanganyar yang tinggal di Jakarta.

Kepala Dishubkominfo Karanganyar, Nunung Susanto menyebutkan ban bus tidak boleh vulkanisir. Peralatan baik Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) serta alat keselamatan lainnya. “Ada peraturan mengenai keselamatan penumpang. Ban tidak boleh vulkanisir,” kata dia. Sementara itu, PO Rosalia dalam lebaran tahun ini telah mempersiapkan 258 armada sedangkan PO Langsung jaya mempersiapkan 50 armada. ad