Rapat Koordinasi Jelang Lebaran

DSC_0029

Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo Pimpin Rakor Persiapan Menghadapi Idul Fitri Tahun 2014, Pendopo RD Bupati (15/07)

Dalam rangka persiapan menghadapi Hari Raya Idul Fitri Tahun 2014, Pemerintah Kabupaten Karanganyar mengadakan rapat koordinasi (Rakor) bekerjasama dengan Polres, Kodim 0272 Karanganyar, Dishubkominfo Kabupaten Karanganyar. Disperindagkop & UKM Karanganyar, Selasa (15/7) di Pendopo Dinas Bupati.

Rakor ini bertujuan guna mengantisipasi hal-hal menjelang lebaran berkaitan dengan lalu lintas, keamanan dan keselamatan di Kabupaten Karanganyar. Adapun permasalahan yang biasa terjadi menjelang lebaran yaitu permasalahan kebutuhan lebaran, persiapan kebutuhan pokok masyarakat, dan persiapan infrastruktur sarana dan prasarana menjelang lebaran. Hal ini disampaikan oleh Assisten II Perekonomian & Kesra Setda Karanganyar, Agus Cipto Waluyo. “Beberapa hal tersebut yang menjadi permasalahan, kita telah mengambil langkah antisipasi seperti penyaluran raskin, pengadaan pasar murah di setiap kecamatan, dan pembagian sembako untuk masyarakat miskin”, terang Ass II dihadapan Wakil Bupati, Kapolres, SKPD dan peserta Rakor terkait.

Sementara itu dalam arahan Bupati yang hal ini diwakilkan oleh Wakil Bupati, Rohadi Widodo menyampaikan bahwa untuk benar-benar dikoordinasikan antara Kepolisian dan Dishubkominfo, DPU, Disperindagkop & UMKM. “Saya tekankan untuk jalan-jalan di wilayah utama dan rame menjadi perhatian utama seperti di daerah wisata Tawangmangu dan Ngargoyoso. Dishubkominfo untuk terus memantau rambu-rambu, petujuk jalan dan marka jalan serta bekerja sama dengan Kepolisian untuk  memantau titik rawan kemacetan sebelum dan sesudah lebaran. Disperindagkop untuk mengoptimalkan operasi pasar dan monitoring kebutuhan pokok. Satpol PP terus melakukan sidak pasar guna meninimalisir penjualan produk-produk makanan dan minuman kadaluarsa jelang lebaran. DKK untuk mengantisipasi lonjakan pasien setelah lebaran”, jelas Wabup dihadapan peserta Rakor.

Selanjutnya pada kesempatan tersebut disampaikan paparan dari masing-masing instansi maupun dinas. Paparan Kapolres yang disampaikan AKBP. Marti Reni menyampaikan Operasi Ketupat 2014 sudah direncanakan dan siap dilaksanakan. Nunung Susanto selaku Kepala Dishubkominfo Karanganyar menyampaikan bahwa marka dan petunjuk jalan akan terus dipantau sebelum dan sesudah lebaran, dan untuk tanggal 22-23 Juli kita akan ke Jakarta untuk mengkoordinir mudik bareng gratis yang akan diberangkatkan dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Ka. DPU, Priharyanto mengatakan H-10 jalan utama dan alternatif dimulai dari Colomadu-Gondangrejo, Palur-Tawangmangu, Palur-Kebakkramat, sudah siap dilewati pemudik. Ka. Disperindagkop, Nur Halimah menyampaikan sidak pasar sudah kami lakukan yang mana masih ditemukan makanan mengandung formalin dan beberapa produk expired yang masih dijual di pasaran. Ad (Ind/V3/Nda).