Siswi SMP Ini Raih Nilai UN 39,20

Karanganyar, Selasa (17/06/2014)

Khusnul Alifah, (paling kiri dan berkacamata) mendapatkan nilai Ujian Nasional SMP/MTs 39,20

Khusnul Alifah, (paling kiri dan berkacamata) mendapatkan nilai Ujian Nasional SMP/MTs 39,20

Siswi dari SMP Negeri 1 Kabupaten Karanganyar, Khusnul Alifah, meraih nilai Ujian Nasional (UN) SMP/MTS tahun 2013/2014 fantastis yakni 39,20, bahkan termasuk salah satu dalam sembilan besar peringkat satu di Jawa Tengah. Gadis berjilbab itu menceritakan, untuk meraih nilai tinggi itu butuh persiapan dengan mengatur waktu belajar untuk meraih prestasi.

“Latihannya dengan sering mengikuti tryout UN SMP dan menerima materi pembelajaran,” ujar Khusnul Alifah, seusai acara Pelepasan Siswa Kelas IX B, SMP Negeri 1 Karanganyar, di Gedung Wanita, Senin (16/05).

Menjelang pelaksanaan UN, tambahnya, justru mengatur waktu untuk istirahat, menjaga kesehatan. “Malam sebelum ujian membaca hafalan agar tidak lupa,” ucap gadis berkaca mata ini.
Berdasarkan data dari SMP Negeri 1 Kabupaten Karanganyar, Khusnul Alifah mendapatkan nilai Bahasa Indonesia 9,20, Bahasa Inggris 10,00, Matematika 10,00 dan untuk IPA dengan nilai 10,00. “Nantinya saya ingin melanjutkan ke SMA Negeri 1 Surakarta. Untuk para pengajar yang telah mendidik selama ini, saya mengucapkan terima kasih,” ujarnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Bupati Karanganyar Juliyatmono menuturkan Pemkab menargetkan wajib belajar 12 tahun dapat terselenggara bebas pungutan. Seluruh lulusan SMP/ MTS sederajat harus melanjutkan sekolah ke tingkat lebih tinggi. “Jangan sampai ada yang putus sekolah. Lanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” pintanya.

Selanjutnya, Kabid Pendidikan Dasar, Disdikpora Kabupaten Karanganyar, Slamet Riyadi mengatakan 11.533 peserta UN SMP/MTS lulus alias tingkat kelulusan di Karanganyar 100 persen. pd