Kuota Elpiji Ditambah 22.451 Tabung

Karanganyar, Kamis (12/06/2014)

Bulan Juni dan menjelang Lebaran pasokan elpiji tiga kilogram  ditambah

Bulan Juni dan saat Ramadhan pasokan elpiji tiga kilogram ditambah

Kuota elpiji ukuran tiga kilogram akan ditambah pada bulan Juni sebanyak 22.451 tabung atau seratus persen jatah harian. Menjelang bulan Ramadhan nanti, Pemerintah Kabupaten Karanganyar juga akan mengusulkan penambahan tabung elpiji.

Kepala Bagian Perekonomian, Setda Karanganyar, Timotius Suryadi menuturkan penambahan kuota pada bulan ini untuk mengantisipasi permintaan tambahan menjelang bulan Ramadhan.
“Penambahan kuota berlaku selama 25 hari, mulai 1 Juni 2014 sebanyak 22.451 tabung gas elpiji ditambah kuota tambahan,” jelas Timotius, di Kantornya, Selasa (10/06).

Tambahan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan konsumen yang fluktuatif. Apabila dirata-rata, Kabupaten Karanganyar mendapat tambahan elpiji sebanyak 898 tabung per hari selama 25 hari.

“Penambahan ini telah mendapat persetujuan dari PT Pertamina melalui Hiswana Migas dan Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan Harga Eceran Tertinggi (HET) di pangkalan Rp. 14.500, dan untuk harga eceran di konsumen rumah tangga sebesar Rp. 16 ribu per tabung,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kasubag Sumber Daya Alam (SDA) Bagian Perekonomian, Farida mengatakan untuk mengamankan pasokan menjelang lebaran nanti kuotanya ditambah lagi lebih besar. “Kemungkinan penambahan mencapai 500 persen dari jatah harian atau sekitar 112.255 tabung,” ujar Ida.

Biasanya, lanjut Ida, permintaan elpiji mendekati Lebaran cederung naik. Diperkirakan penggunaan tabung itu naik 15 persen dibandingkan permintaan tahun lalu. “Penambahan 500 persen jatah harian ini untuk menyiapkan konsumsi elpiji yang cenderung meningkat sebelum, saat dan pascalebaran,” imbuhnya.

Dijelaskan pula, Pemkab Karanganyar juga mengawasi distribusi untuk mengantisipasi penimbunan dan permainan harga. Terdapat 11 agen elpiji yang mendistribusikan tabung ke 1331 pangkalan resmi.pd