Puluhan Awak Kendaraan Ikuti AKUT

Karanganyar, Minggu (01/06/2014)

Sejumlah 20 peserta mengikuti AKUT Tahun 2014

Sejumlah 20 peserta mengikuti AKUT Tahun 2014

Untuk meningkatkan dan memberi motivasi dengan penghargaan terhadap profesi awak kendaraan umum, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Infomatika (Dishubkominfo) Kabupaten Karanganyar menyelenggarakan pemilihan Awak Kendaraan Umum Teladan (AKUT) Tahun 2014.
Joko Sumaryono, Kepala Bidang Perhubungan Dishubkominfo Kabupaten Karanganyar menuturkan tujuan diadakan kegiatan ini dapat merubah pola pikir dan sudut pandang sebagai awak kendaraan angkutan umum sehingga dapat lebih percaya diri.
“Ini merupakan bentuk penghargaan dan mengedepankan pentingnya keselamatan penumpang dan pemakai jalan lainnya,” jelas Joko Sumaryono, saat disela-sela pemilihan, Sabtu (31/05) di Aula Dishubkominfo Karanganyar.
Selain itu juga mendorong terwujudnya penurunan jumlah pelanggaran lalu lintas, kejadian kecelakaan yang disebabkan oleh faktor pengemudi.
Dia menambahkan peserta pemilahan awak kendaraan teladan merupakan dari perwakilan paguyuban pengemudi di bawah binaan Dishubkominfo Karanganyar.
“Diikuti sebanyak 20 orang. dan terdapat dua jenis penilaian, yaitu keaktifan saat pemberian materi dan tes tertulis. Untuk tes ada 60 soal dan diberi waktu satu jam untuk mengerjakan,” jelasnya.
Setelah mengikuti tes ini, lanjutnya, yang menjadi pemenang juara satu mewakili Kabupaten Karanganyar untuk mengikuti pemilihan tingkat Provinsi Jawa Tengah pada pertengahan bulan Juni mendatang.
Ditempat yang sama, Kepala Dishubkominfo Karanganyar, Nunung Susanto menuturkan dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan kedisiplinan dalam mengemudi.
“Dengan adanya peningkatan kedisiplinan sehingga dapat membawa perubahan yang baik bagi dunia lalu lintas dan angkutan jalan dengan menjadi teldan dalam berlalu lintas,” ujarnya. pd