KPU Tetapkan Perolehan Kursi dan Caleg Terpilih

Rapat Pleno terbuka KPU Karanganyar  penetapan perolehan kursi dan calon terpilih

Rapat Pleno terbuka KPU Karanganyar penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Karanganyar

Karanganyar, Selasa (13/05/2014)
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karanganyar menetapkan perolehan kursi partai politik (parpol) serta penetapan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Karanganyar pada pemilu 2014 melalui rapat pleno terbuka, Senin (12/05) di KPU Karanganyar.
Dari data yang disampaikan, terdapat sembilan partai politik (parpol) yang mendapatkan kursi, diantaranya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) empat kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) enam kursi, Partai PDI Perjuangan 14 kursi, Partai Golongan Karya delapan kursi, Partai Gerindra dan Partai Demokrat masing-masing memperoleh empat kursi, Partai Amanat Nasional dua kursi, Partai Persatuan Permbangunan satu kursi, Partai Hati Nurani Rakyat sebanyak dua kursi.
Sedangkan terdapat tiga parpol yang tidak mendapatkan kursi, yaitu Partai Nasdem, Partai Bulan Bintang, dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia.
Adapun penentuan perolehan kursi legislatif sesuai bilangan pembagi pemilihan (BPP) setiap dapil berbeda-beda berkisar antara 10.079 sampai 12.323.
“Setelah rekapitulasi hasil suara, dituangkan ke formulir model EB untuk menetapakn kursi disetiap dapil. Setelah itu, ditetapkan calon terpilih tiap-tiap parpol untuk mewakili di DPRD,” kata Ketua KPU Kabupaten Karanganyar Sri Handoko Budi Nugroho.
Rapat pleno berjalan dengan lancar dan hadirin oleh seluruh komisioner KPU, Panwas, dan saksi dari parpol tidak ada yang menyampaikan keberatan terhadap penetapan kursi dan calon terpilih. pd