Juliatmono : “Semangati kembali keberadaan 4 Pilar”

FKUB se SOLO RAYAAtas dasar kesepakatan bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Karanganyar setiap triwulan akan dilaksanankan Rakor FKUB se Solo Raya, dengan demikian masing-masing FKUB Kabupaten/Kota dapat sling memberikan kontribusinya. “ Rakor FKUB se Solo raya ini bertujuan disamping merekatkan tali silaturahim, juga untuk mengimplementasikan FKUB yang berdasar pada Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri No. 9 dan No. 8 Tahun 2006 tentang Tugas dan Fungsi FKUB. Sehingga dalam pelaksanaan sesuai dengan tupoksi (tugas, pokok dan Fungsi) FKUB sebagai tombak dalam menjaga kerukunan antar umat beragama se Solo raya khususnya. Ada 17 anggota FKUB yang hadir dari masing-masing Kab./Kota ” terang Ketua FKUB Kab. Karanganayar Dr. Badarrudin M. Ag saat menyampaikan laporannya dalam acara Silaturahmi dan Rakor FKUB se Solo raya, Kamis (22/04) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Hadir pada acara tersebut jajaran Muspida, Bupati Karanganyar, Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo sekaligus sebagai Dewan Pembina FKUB Karanganyar, Wakapolres Karanganyar, Ka. SKPD terkait.

            Sementara itu Bupati Karanganyar, Juliyatmono menegaskan ada Tiga hal yang harus diperhatikan oleh FKUB. “ Saya ingin menyampaikan terkait dengan tupoksi FKUB yang memang penting untuk diperhatikan sekaligus dilaksanakan, antara lain : perteguh kembali/semangati kembali keberadaan 4 Pilar yang meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Selanjutnya tetap jaga Profesionalitas dan Proposionalitas sehingga keberadaan FKUB dalam menangani permasalahan-permasalahan terkait perbedaan keyakinan direspon positif oleh masyarakat serta lakukan pendekatan Persuasif sehingga tidak terjadi konflik yang bersifat anarkis,” tandas Bupati saat menyampaikan sambutannya dihadapan Para Pengurus FKUB se Solo raya. “ Persoalan keyakinan jangan sampai dicampuradukkan dengan kebijakan-kebijakan Pemerintah, sehingga setiap individu dalam melaksanakan ibadah dijamin keamanan dan kenyamanannya,” tambahnya. ind/ad