Puluhan Pelajar Ikuti Pelatihan SAR

Bupati Karanganyar Juliyatmono, menyemaptkan tanda peserta pelatihan SAR bagi 57 pelajar SMA/SMK, di Pendopo Rumah DInas Bupati Karanganyar, Sabtu (05/04)

Bupati Karanganyar Juliyatmono, menyematkan tanda peserta pelatihan SAR bagi 57 pelajar SMA/SMK se Karanganyar, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Sabtu (05/04)

Karanganyar, Sabtu (05/04/2014)

Puluhan pelajar dari SMA / SMK sederajat mengikuti pelatihan Search And Rescue (SAR) yang diadakan Badan SAR Nasional (Basarnas) Kantor SAR Semarang.

Kegiatan tersebut diadakan selama dua hari yakni Sabtu (05/04) dilakukan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar berupa kegiatan dalam. Sedangkan Minggu (06/04) berada di hutan Bromo dan Waduk Delingan, Karanganyar.

Sebanyak 57 peserta berasal dari utusan SMA/SMK di Karanganyar,  dianjarkan ketrampilan pertolongan bencana, operasi SAR di air dan dataran tinggi. Sedangkan mereka dilatih dari Kantor Basarnas Semarang, SAR Karanganyar, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar.

Kepala Kantor Basarnas Semarang, Agus Haryono, menuturkan kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan SAR bagi pelajar. Selain itu, lanjut dia, memberikan pemahaman pelajar agar punya ketrampilan yang standar bagi operasi SAR.

“Dari remaja sudah mengenal SAR, harapannya bisa menumbuhkan rasa saling menolong khususnya jika terjadi bencana. Ketika bencana terjadi, bisa membantu orang lain membutuhkan pertolongan, dengan begitu tentunya bisa meminimalkan korban jiwa,” jelas Agus Haryono.

Sementara itu, Bupati Karanganyar Juliyatmono, menuturkan sangat mengapresiasi adanya pelatihan SAR ini. Dengan begitu, sejak usia remaja telah ditumbuhkan rasa jiwa menolong dan cepat diturunkan jika terjadi bencana.

Juliyatmono juga mengingatkan, Karanganyar merupakan daerah agak rawan bencana utamanya tanah longsor, dan banjir karena luapan sungai bengawan solo. Untuk itu harus selalu sigap, tanggap dan cepat menanggulangi bencana.

“Masyarakat bisa lega jika sudah ada SAR, sebab mereka berharap ada pertolongan langsung dan cepat. SAR juga harus mengajak untuk menjaga ekosistem alam, agar tetap sejuk, tidak rusak,” tandas nya. pd