Puluhan Pengendara Bermotor Terkena Razia

DSC_0101 copy

Petugas dari Dishubkominfo dan Satlantas Polres Karanganyar mendapati satu truk yang ban sudah gundul

Karanganyar, Selasa (25/03/2014)

Puluhan pengendara kendaraan bermotor terkena razia gabungan yang dilakukan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar dan Satlantas Polres Karanganyar di sekitar Jalan Lawu, Popongan, Senin (24/03)

Sejak razia gabungan, dalam waktu sekitar satu jam mendapati puluhan pengendara yang terkena tilang karena melakukan pelanggaran lalu-lintas dan angkutan jalan.

Kepala Seksi Pengawasan Jalan Dishubkominfo Karanganyar, Bambang Prasetyo menuturkan terdapat pelanggaran yang dilakukan seperti masa berlaku kartu uji sudah habis.

“Kami menghimbau jika masa berlaku kartu uji sudah habis agar segera memperbaruinya,” kata Bambang Prasetyo, seusai razia.

Ditempat yang sama, jajaran Satlantas Polres Karanganyar menilang pengendara kendaraan bermotor seperti tidak menyalakan lampu disiang hari, maupun pelanggaran administratif.

Selain itu, jajaran Satlantas Polres Karanganyar juga mensarankan kepada pengendara motor dengan membawa bronjong sayur  untuk beralih ke kendaraan roda tiga. Sebab dengan ukuran kendaraan bertambah menjadi satu meter, padahal ukuran standar motor sekitar 86 sentimeter.

“Pada bulan Februari kemarin, terdapat sebanyak 182 pengendara sepeda motor yang mengangkut bronjong untuk berjualan sayur terjaring razia. Rata-rata pemotor bronjong tersebut adalah penjual sayur asal Kecamatan Matesih, Jumantono, Tawangmangu, dan Ngargoyoso,” kata Kanit Dikyasa Satlantas Polres Karanganyar, Aiptu Prasetyo mewakili Kasat Lantas, AKP Sukmawati.

Kaur Binops Polres Karanganyar, Iptu Lukman Tri Novianto menambahkan operasi lalu lintas yang digelar bersama Dishubkominfo tersebut menjadi agenda rutin dan berkala. pd