Ribuan Siswa di Karanganyar Ikuti Pekan Seni 2014

Untitled-1

Ribuan siswa mengikuti pekan seni pelajar 2014 di rumah dinas bupati Karanganyar, Selasa-Kamis (18-20/3/2014). Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya daerah di Bumi Intanpari.

Ketua penyelenggara sekaligus Kasi Pemuda Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Karanganyar, Joko Sutrisno, mengatakan kegiatan ini diikuti pelajar tingkat SD, SMP/MTs dan SMA/SMK yang tersebar di Bumi Intanpari.

Penampilan para peserta bakal dinilai sejumlah juri yang berasal dari seniman ternama di Karanganyar dan perwakilan SMKN 8 Solo. Berbagai jenis perlombaan yang digelar, di antaranya karawitan, melukis, tari, mocopat, desain batik, solo vokal, desain batik dan geguritan.

“Sekolah tingkat SD, SMP/MTs mengirimkan perwakilan sejumlah 120 siswa. Sedangkan, tingkat SMP hanya 75 siswa per sekolah. Pemenang di setiap tingkatan berhak mewakili Karanganyar di tingkat Jateng, bahkan nasional. Ini semua untuk membangun karakter generasi bangsa yang berbudaya,” kata Joko Sutrisno saat ditemui disela-sela acara berlangsung.

Melalui kegiatan ini, lanjut Joko Sutrisno mengharapkan seni karawitan dapat terus berkembang di Karanganyar di masa mendatang. Selama ini, seni karawitan telah dimasukkan dalam muatan lokal atau kegiatan ekstra kurikuler di setiap sekolah.

“Tim karawitan Karanganyar pernah menembus peringkat dua besar di tingkat provinsi. Semoga, dengan kegiatan seperti ini Karanganyar lebih siap dalam menyongsong perlombaan tingkat provinsi atau nasional,” katanya.

Sumber : http://www.solopos.com/