Bank Daerah Karanganyar Gelontor UKM Kredit Rp10 Miliar

PD BPR Bank Daerah Karanganyar meluncurkan dua produk baru, yakni Tabungan Siswa Cerdas Rajin Mandiri dan Hemat (Si Cermat) dan Kredit Usaha Kreatif (KUK) pada peringatan HUT ke-45 PD BPR Bank Daerah Karanganyar, Minggu (16/3/2014).

PD BPR Bank Daerah Karanganyar menggelontorkan Rp10 miliar pada program KUK untuk usaha kecil menengah (UKM) di Karanganyar dan sekitarnya pada 2014. Nominal itu sekitar 5% dari total aset PD BPR Bank Daerah Karanganyar Rp200 miliar hingga akhir 2013.

Direktur Utama PD BPR Bank Daerah Karanganyar, Sudarsito, menuturkan UKM dapat mengakses KUK dari nominal minimal Rp10 juta hingga tidak terbatas. Namun dia menuturkan beberapa nasabah sudah mengakses KUK hingga Rp150 juta-Rp200 juta.

“Plafon KUK Rp10 miliar pada 2014 untuk nasabah di Karanganyar dan sekitarnya. Kami akan menyetujui permohonan asal sesuai kemampuan dan agunan. Plafon KUK sekitar 5% dari total aset. Kami setor laba ke Pemkab Karanganyar Rp2,9 miliar pada 2013,” kata Sudarsito saat dihubungi  Minggu.

Pihaknya juga meluncurkan produk simpanan Si Cermat. Produk itu digagas mendukung program, visi dan misi Bupati Karanganyar. Salah satu program yang dimaksud adalah sekolah gratis. Sebanyak 2.300 siswa sudah tercatat sebagai nasabah Si Cermat. Menurut dia Si Cermat menyasar nasabah perorangan dengan setoran minimal Rp10.000.

Perayaan HUT ke-45 PD BPR Bank Daerah Karanganyar dipusatkan Alun-alun Kabupaten Karanganyar, Minggu. Sudarsito menjelaskan menggagas rangkaian acara seperti pendonoran darah, pengobatan gratis, tenis bersama Bupati, muspida dan SKPD. Puncak acara perayaan adalah Gowes yang diikuti 7.000 peserta dan senam sehat yang diikuti 1.500 peserta.

PD BPR Bank Daerah Karanganyar juga membagikan sejumlah hadiah untuk nasabah Tabungan Sembada Plus dan pemilik kredit. Dia mengklaim PD. BPR Bank Daerah Karanganyar mengadakan Kredit Berhadiah dengan hadiah utama sepeda motor agar merangsang pemilik kredit rajin mengangsur pinjaman. Dia mengklaim NPL hingga 2013 sekitar 1,8%. “Kami dinobatkan sebagai BPR terbaik tingkat nasional dari Majalah Info Bank pada 2010-2013,” tutur dia.

Sumber : http://www.solopos.com/