MEMBANGUN KESADARAN AKAN PENTINGNYA PERIJINAN

DSC_0198

Bupati Karanganyar Juliyatmono Pimpin Langsung Rapat Koordinasi Perijinan di Ruang Anthurium RD Bupati Karanganyar, Selasa Siang [12/03]

Masih banyaknya pengusaha dan masyarakat yang kurang begitu peduli dengan perijinan baik Perijinan Pendirian Bangunan (PPB) maupun perijinan dalam pendirian usaha membuat Badan Pelayanan dan Perijinan Terpadu (BPPT) Kabupaten Karanganyar harus terus mensosialisasikan peran penting perijinan untuk mempermudah usaha mereka. Selasa Siang (11/03) di Ruang Anthorium Rumah Dinas Bupati Karanganyar dalam Rakor BPPT.

Disatu sisi BPPT memiliki beberapa kendala dalam proses pelayanan yang mereka berikan kepada masyarakat,beberapa kendala tersebut diantaranya masih minimnya fasilitas pendukung seperti bangunan fisik kantor yang kurang memadai dan kurangnya SDM yang mumpuni. Pelayanan yang masih dibawah standar mengingat banyaknya masyarakat yang melalui jasa calo dalam proses perijinan juga menjadi kendala BPPT dalam pelaksanaan tugasnya serta banyaknya proses perijinan yang diabaikan dan lebih mementingkan pajak pemasangan baik iklan maupun reklame.

“Kami akan terus menyosialisasikan pentingnya perijinan, maka dalam forum ini saya selaku Kepala BPPT Kabupaten Karanganyar meminta bantuan kepada seluruh Camat untuk membantu mensukseskan program kami ini.” Tutur Nurhalimah selaku Kepala BPPT dalam sambutannya. Nurhalimah juga mengatakan bahwa proses perijinan BPPT masih jauh dari Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang selama ini menjadi patokan penilaian dalam pelayanan perijinan kepada masyarakat.

Sementara itu Bupati dalam menanggapi laporan BPPT berkaitan dengan kendala dalam proses pelayanan mengatakan “Kami akan mengusahakan segala sesuatu yang sekiranya dapat kami penuhi dengan prioritas kebutuhan yang lebih mendesak guna mengoptimalkan kinerja dalam proses perijinan.” Ds/Ind/Ad