Kabupaten Karanganyar Adakan Festival Durian

DSC_8257

Bupati Karanganyar, Kapolres Karanganyar dan Dandim 0727 Karanganyar saat hadiri Festival Durian di Lapangan Tugu, Genengan, Jumantono, Minggu Pagi (23/02)

Buah durian dengan ciri dan bau khasnya telah menjadi daya tarik bagi para penikmat durian. Tak hanya itu, rasa yang manis dengan sedikit pahit merupakan rasa durian yang kerap dicari masyarakat.  Dari hal tersebut Pemerintah Kabupaten Karanganyar mengadakan Festival Durian untuk tingkat Kecamatan dilapangan Tugu, Dusun Genengan, Kecamatan Jumantono. Minggu (23/02).

Kegiatan yang melibatkan petani durian se-Kecamatan Jumantono ini diikuti sebanyak 58 peserta perlombaan difestival durian dimana acara ini cukup menarik perhatian masyarakat. Selain perlombaan, Kardi selaku ketua panitia pelaksana mengatakan dalam festival ini diharapkan Pemerintah Kab. Karanganyar dapat meresmikan daerah dari pemenang lomba buah durian sebagai Desa wisata buah durian di Kecamatan Jumantono.

“Kriteria penilaian berdasarkan dari ketebalan, kekenyalan dan warna dari daging durian serta dari besarnya ukuran buah durian.” Terang Wiji Suparmanto perwakilan Disperindagkop Kab. Karanganyar yang menjadi salah satu juri dalam festival durian tersebut.

Darmi warga Dusun Genengan Kecamatan Jumantono akhirnya menjadi pemenang perlombaan dengan perolehan skor 285 dan berhak atas hadiah LCD TV 21 inc + Sertifikat + Uang Tunai dari Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Perkebunan dan Kehutanan Karanganyar. “Setelah bu Darmi keluar menjadi pemenang perlombaan, maka saya resmikan Dusun Genengan sebagai Desa wisata buah durian di tingkat Kecamatan serta Bu Darmi akan mendapatkan pembinaan dari Dinas Pertanian untuk penanaman bibit unggul tersebut”. Lengkap Juliyatmono. ch/ds