Pembersihan Abu Kelud Ditarget Rampung Sepekan

karanganyar-Resik-resik-2

Pemkab Karanganyar menargetkan pembersihan timbunan abu vulkanik akibat erupsi Gunung Kelud bakal selesai dalam waktu satu pekan. Kemarin, para relawan masih bahu membahu membersihkan kompleks perkantoran dan fasilitas umum dari abu vulkanik setelah sebelumnya membersihkan ruas-ruas jalan kota.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Aji Pratama Heru Kristianto mengatakan pihaknya mengerahkan ratusan relawan untuk terjun langsung membersihkan kompleks perkantoran dan sejumlah fasilitas umum, termasuk Kantor Bupati Karanganyar yang sama sekali belum tersentuh.

“Secepatnya dalam pekan ini tuntas semua. Hari ini (kemarin) pembersihan abu vulkanik dilakukan di kantor Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DP2KAD), Kejari, dan Pengadilan Negeri. Besok (hari ini) giliran kantor Sekda,” kata Heru, Selasa (18/2).

Dengan mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran, BPBD meyakini pembersihan akan lebih cepat, sehingga pelayanan publik bisa kembali normal. BPBD juga mengharap peran serta lintas sektoral dan organisasi kemasyarakatan untuk turut bersama-sama membersihkan abu.

Pantauan  di sepanjang Jalan Lawu, kompleks perumahan, dan perkantoran tampak warga dan puluhan relawan bekerja sama membersihkan timbunan abu. Di gang-gang, dengan menggunakan selang seadanya, warga menyemprotkan air ke bagian yang masih tertimbun abu. Sementara, BPBD menggunakan mesin diesel untuk menyedot air dari sungai-sungai kecil di tepi jalan. Air itu digunakan untuk membersihkan abu mulai dari simpang empat Papahan, Tasikmadu hingga Taman Pancasila.

Puluhan pedagang kaki lima (PKL) Taman Pancasila juga bergotong-royong memangkas pepohonan, serta membersihkan abu menggunakan peralatan seadanya seperti sapu lidi, sekop, dan cangkul.

Koordinator PKL Taman Pancasila, Agus, mengatakan dengan dibersihkannya Taman Pancasila, pengunjung akan kembali merasa nyaman. Sebab selama ini Taman Pancasila memang menjadi lokasi sentral, baik untuk kawasan kuliner maupun hiburan warga.

Sumber : http://joglosemar.co/pilihan/surakarta/karanganyar