Karanganyar Akan Miliki Waduk Baru

Karanganyar, Senin (27/01/2014)

ilustrasi waduk

ilustrasi waduk

Kabupaten Karanganyar akan mempunyai waduk baru yakni Waduk Gondang yang terletak di Desa Ganten dan Gempolan, Kecamatan Kerjo, serta di Desa Jatirejo, Kecamatan Ngargoyoso.  Saat ini Bumi Intanpari telah mempuyai dua waduk yakni Delingan dan Lalung yang terletak di Kecamatan Karanganyar.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah mengeluarkan Keputusan Nomor 590/79 tahun 2013 tentang Persetujuan Penetapan Lokasi Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Waduk Gondang di Kabupaten Karanganyar.

“Bahwa dalam rangka pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan untuk kemakmuran masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Karanganyar dan sekitarnya, diperlukan pembangunan Waduk Gondang di Kabupaten Karanganyar,” bunyi menimbang huruf a dalam Keputusan itu.

Selanjutnya pada huruf b berbunyi, berdasarkan Pasal 26 Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 6 Tahun 2010 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2009-2029 dan Pasal 45 Peraturan Daerah Kabupaten Karanganyar Nomor 1 Tahun 2013 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Karanganyar Tahun 2013-2032, pembangunan Waduk Gondang di Kabupaten Karanganyar telah sesuai perencanaan tata ruang.

Penetapan lokasi diberikan kepada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo Direktorat Jendral Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum seluas kurang lebih 88,25 hektar.

“Apabila di lokasi tersebut terdapat tanah dan atau bengunan milik instansi pemerintah, pemerintah daerah dan atau pemerintah desa agar diselesaikan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” merupakan bunyi diktum ketiga huruf b.

Semua biaya yang timbul sebagai akibat ditetapkannya Keputusan ini dibebankan pada Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara pada BBWS Bengawan Solo Direktorat Jendral Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum.pd