PDAM KARANGANYAR

Dasar Hukum Pendirian

Didirikan dengan Peraturan Daerah Kabupaten Daerah Tingkat 11 Karanganyar Nomor 5 Tahun 1983 tentang Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Daerah Tingkat 11 Karanganyar yang beberapa kali telah disempurnakan terakhir dengan Peraturan Daerah Kabupaten Karanganyar Nomor 13 Tahun 2007 tentang Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Karanganyar.

Sejarah PDAM

Pendirian PDAM Kabupaten Karanganyar merupakan pengembangan dari sistem penyediaan air bersih yang dimulai sejak Perumnas Palur ada, dengan proses penyerahan dari Perumnas kepada Pemerintah Daerah cq. Perusahaan Daerah Kabupaten Karanganyar bulan Juli 1979. Berdasarkan SK Bupati Kepala Daerah Tingkat II Karanganyar Nomor: 690/14.6/1981 tanggal 12 Maret 1981 serah terima alih kelola air bersih pada proyek Perumnas Palur dilakukan pada tanggal 26 Maret 1981, untuk mempermudah administrasi maupun pertanggungjawaban dan kewenangan diawali pada tanggal 1 April 1981. Sejak 1 April 1981 secara sah air bersih pada lokasi Proyek Perumnas Palur dikelola oleh Perusahaan Daerah Kabupaten Tingkat II Karanganyar dengan status sama seperti unit-unit usaha yang lain (emberio PDAM).

Untuk menunjang kebutuhan peralatan maka Pemerintah Daerah Tingkat II memberikan bantuan sebesar Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah) yang dibayarkan dengan SPMU Nomor 446/PS/VIII/1981 dari APBD II 1981/1982.

Tujuan PDAM

  • Untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan minum dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah.
  • Menyelenggarakan, mengelola dan mengawasi pemakaian air bersih secara merata dan efisien dalam rangka pemenuhan kebutuhan air bersih dan air minum.

Visi & Misi

Visi

  • Terwujudnya kinerja perusahaan yang baik dan sehat

Misi

  • Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat
  • Melayani air bersih dan berperan aktif melestarikan sumber air
  • Memberikan kontribusi pendapatan asli daerah

Usaha PDAM

1. Melayani Air Bersih Perpipaan

  • Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air jo. Peraturan Pemerintah Nomor 16 tahun 201 tentang Pengembangan Sistem Penyediaan Minum.

2. Melayani Air Bersih non perpipaan

  • Melayani air bersih melalui mobil tangki bagi daerah-daerah yang belum terjangkau air bersih perpipaan sesuai amanat

3. Pemeriksaan Air

  • PDAM jugs menerima pemeriksaan kualitas air dari masyarakat atau pihak-pihak yang menghendaki pemeriksaan kualitas air, dengan sarana laboratorium yang cukup memadai

Klasifikasi Pelanggan

I. SOSIAL (S)

a. Sosial Umum (S.1)

  1. Hidran Umum
  2. Terminal air non komersial
  3. Pelanggan khusus yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Direksi

b. Sosial Khusus (S.2)

  • Yayasan – yayasan sosial
  • PantiAsuhan
  • Tempat lbadah (yang instalasi airnya khusus untuk keperluan ibadah)
  • Pelanggan khusus yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Direksi

II. NON NIAGA (R)

a. Rumah Tangga I (R.1)

Rumah dengan type 21 m2, rumah dengan fisik bangunan menengah, berlantai keramik, berlokasi di komplek perumahan, perkotaan atau perkampungan

c. Rumah Tangga 3 (R.3)

  • Rumah berada pada prasarana jalan Kabupaten/ Propinsi, rumah dengan fisik bangunan mewah, berlokasi di perumahan, perkampungan atau perkotaan.
  • Rumah yang berada di wilayah pengembangan pelayanan.
  • Rumah yang berfungsi sebagai tempat tinggal & memiliki usaha untuk menambah pendapatan :
  1. Warung makan kecil (tanpa identitas nama usahanya)
  2. Toko kecil (tanpa identitas nama usahanya)
  3. Penjahit tidak mempunyai karyawan
  4. Salon tidak mempunyai karyawan

Ill. SEKOLAH DAN INSTANSI PEMERINTAH (P)

a. Sekolahan (P.1)

  • Play Group
  • Taman Kanak-Kanak
  • Sekolah Dasar (SD) atau sederajat
  •  Sekolah menengah Pertama (SMP) atau sederajat
  • Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat
  • Perguruan Tinggi (Akademi, Institut, Sekolah Tinggi, Universitas) atau sederajat

b. Instansi Pemerintah (P.2)

  • Sarana Instansi pemerintahan
  • Kantor-kantor pemerintahan
  • Markas/ Kantor Angkatan Bersenjata dan Kepolisian
  • Lembaga Pemerintah lainnya
  • Kolam Renang milik pemerintah
  • Asrama TNI/ Polri
  • Asrama/ Rumah Dinas pemerintah

IV. NIAGA (N)

a. Niaga Kecil (N.1)

  • BUMD
  • Kamar mandi/ MCK yang dikomersilkan
  • Praktek Dokter (umum, spesial, gigi, hewan)
  • Kantor Profesi (notaris, PPAT, Pengacara, Penasihat Hukum,
  • Akuntan Publik, Psikolog, Konsultan Tanah, Konsultan Pajak,
  • Kontraktor, Konsultan Bangunan)
  • Lembaga/ Yayasan/ Organisasi non sosial
  • Rumah Makan
  • Praktek Bidan
  • Apotik dan Toko Obat
  • Toko
  • Salon, Rias Pengantin, Potong Rambut
  • Asrama/ Indekos
  • Studio Photo
  • Optical
  • Losmen
  • Gedung Olah Raga
  • Stasiun Radio Swasta
  • Katering
  • Panti Pijat
  • Penjahityang mempunyai karyawanSanggar kebugaran
  • Agen travel, agen bus, agen kereta api, agen pesawat terbangBengkel dan tempat cucian sepeda motor
  • Warnet (warung internet)
  • Warung
  • Sanggar Seni Lukis
  • Peternakan kecil
  • Penggilingan Padi
  • Kios
  • Usaha-usaha lain yang sejenis

a. Niaga Besar (N.2)

  • BUMN
  • Kantor instansi swasta (Bank, Asuransi, Koperasi, Lembaga Pembiayaan/lelang, Developer, Pemasaran, Distributor)
  • Badan Usaha Swasta baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum

4. Dealer sepeda motor, dealer mobil

5. Rumah sakit dan klinik swasta

6. Hotel berbintang

7. Restoran

8. Gedung pertemuan

9. Balai pengobatan

10. Laboratorium swasta

11. Bengkel dan tempat cucian mobil

12. Pompa bensin (SPBU)

13. Toserba, Supermarket, Plaza, Swalayan, Mall dll

14. Usaha air minum isi ulang

15. Kolam renang swasta

16. Pedagang besar (distributor)

17. Penggergajian kayu

18. Kerajinan tangan yang menembus pasar nasional

19. Kerajinan rumah tangga yang menembus pasar nasional

20. Usaha- usaha lain yang sejenis

V. INDUSTRI (I)

a. Industri Kecil (I.1)

  1.  Peternakan besar
  2.  Kerajinan tangan yang menembus pasar internasional
  3.  Kerajinan rumah tangga yang menembus pasar internasional
  4.  Usaha-usaha lain yang sejenis

b. Industri Besar (1.2)

  1. Pabrik kendaraan
  2. Pabrik kimia
  3. Pertambangan
  4. Perkayuan
  5. Pembuatan kapal
  6. Pabrik minuman
  7. Pabrik air mineral
  8. Pabrik es
  9. Pabrik gula
  10. Pabrik tekstil
  11.  Usaha-usaha lain yang sejenis

Kantor Pelayanan

Kantor Pusat

Komplek Perkantoran Cangakan Karanganyar 57712
Telp (0271) 495211 Fax (0271) 495614

PDAM Unit Perumnas Palur

JI Nusa Indah Perum Perumnas Palur Telp (0271) 5848452-8200611

PDAM Unit-laten

JI Kenari Perum No 1 RT06/RW 12 BGI Telp (0271) 5848453 – 822193

PDAM Unit Karangpandan

Klatak – Sebelah Kantor Koramil Telp (0271) 5848454 – 6492212

PDAM Unit Kerjo

Jalan Raya Kerjo (Sebelah Kantor Kecamatan)
Telp (0271) 5848455 – 6493009

PDAM Unit Jenawi

(pelayanan tgI 11 – 20 tiap bulan)
JI Balong-Jenawi
Telp (0271) 5848455 – 6493009

PDAM Unit Colomadu

JI Adisumarmo Colomadu
Telp (0271) 5848456 – 7685488

PDAM Unit-latipuro

JI RayaJatipuro (sebelah Kantor Kecamatan)
Telp (0271) 5848457

PDAM Unit Jatiyoso

(pelayanan tgl 11 – 20 tiap bulan)
Tempel rejo Jatiyoso
Telp (0271) 5848457

PDAM Unit Palur Kota

Ruko PasarSibedil B1-2 Palur Telp (0271) 5848458

PDAM Unit Perumnas Wonorejo

JI Mangga III No 4 Perumnas Wonorejo Telp (0271) 5848459

PDAM Unit Jumpolo

JI Raya-lumapolo
(depan Kantor Pos & Pegadaian)
Telp (0271) 5848460

PDAM Unit Matesih Kantor Desa Matesih

Laboratorium PDAM JI Raya Solo Tawangmangu KM 7 (Depan POM Bensin Papahan)
Telp (0271) 5848475

PARSIH

Pelayanan Air Bersih Sepenuh Hati

PDAM Tirta Lawu Kabupaten Karanganyar merupakan kepanjangan tangan dari Pemerintah Kabupaten Karanganyar di bidang pelayanan air bersih dan air minum. Sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsinya bertekad melaksanakan tugas-tugas dengan berbagai upaya dan kontribusi secara nyata untuk mewujudkan air sebagai sumber kehidupan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat serta meningkatkan pendapatan asli daerah. Reformasi pelayanan publik di PDAM Tirta Lawu Kabupaten Karanganyar sebagai upaya mewujudkan semboyan (motto):

Kami ada untuk melayani
Air bersih pengabdianku
Anda pugs Kami bahagia

Ide

Ide pengadaan Mobil Parsih berdasarkan arahan dari lbu Bupati Karanganyar sebagai salah satu konsekuensi dari bentuk pelayanan prima, dan launching Mobil Parsih diresmikan oleh lbu Bupati Karanganyar pada tanggal 19 Nopember 2009 sebanyak 2 (dua) unit Mobil.

Tujuan

  • Melakukan jemput bola/ mendekatkan bagi pelanggan yang jauh dari kantor pelayanan PDAM
  • Memberikan pelayanan yang lebih efektif kepada pelanggan baik pelayanan pembayaran rekening maupun pelayanan lain (pengaduan/ keluhan dan informasi lain)