PD BPR Bank Karanganyar

Bank Karanganyar

PD. BPR Bank Karanganyar

Penduduk Indonesia sebagian besar terdiri dari penduduk yang bermukim di daerah pedesaan, sehingga pembangunan perekonomian di daerah perlu mendapat perhatian yang serius. Bertitik tolak dari hal tersebut maka pada tanggal 23 Maret 1985 didirikan Badan Kredit Desa (BKD) yang mampu menggerakkan kegiatan perekonomian pedesaan dan mampu menyediakan permodalan bagi usaha kecil.
Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Daerah Tingkat II Karanganyar Nomor 2 Tahun 1996 menjadi Perusahaan Daerah PD. BPR Badan Kredit Desa Kabupaten Karanganyar yang bertujuan untuk membantu dan mendorong pertumbuhan perekonomian dan pembangunan daerah di segala bidang dan serta sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah.

Visi

Menjadi BPR unggulan dan andalan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada khususnya dan masyarakat Kabupaten Karanganyar pada umumnya serta berperan aktif mendorong terciptanya Karanganyar Tenteram.

Misi

  • Menghimpun dana dari masyarakat yang kemudian disalurkan kepada masyarakat dalam berbagai bentuk produk kredit atau permodalan.
  • Mendorong terciptanya pemerataan dan kesempatan kerja bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Karanganyar dan PD. BPR Bank Karanganyar sebagai sumber pembiayaan membuka pelayanan di berbagai pelosok pedesaan dalam upaya mendekatkan sarana permodalan.
  • Mengemban misi sebagai penyumbang PADS dalam rangka Otonomi Daerah.

Sejarah Perjalanan

PERIODE I 1985   :

Mulai berdiri tanggal 27 Maret 1985(SKBupati KDH TK. II KaranganyarNomor : 581/161/1985) dengan namaBadan Kredit Desa (BKD).

PERIODE II 1996  :

Pengukuhan BKD menjadi PerusahaanDaerah Bank Perkreditan Rakyat BadanKredit Desa (Perda No. 02 Tahun 1996
tanggal 15 Juli 1996)

PERIODE III 1998:

PD. BPR BKD Kabupaten Karanganyar mendapat ijin operasional penuh sebagai BPR dari Menteri Keuangan Republik Indonesia (SK Menteri Keuangan Republik Indonesia No. Kep. 048/KM.17/1998.

PERIODE IV 2001 :

Perda Nomor 27 Tahun 2001 tentang Perubahan Pertama Perda Nomor 2 Tahun 1996.

PERIODE V 2006   :

Perda Nomor 6 Tahun 2006 tentang Perubahan Kedua Perda Nomor 2 Tahun 1996.

PERIODE VI 2011 :

PD. BPR BKD Kabupaten Karanganyar berubah nama menjadi PD. BPR Bank Karanganyar (Perda Kabupaten Karanganyar Nomor 2 Tahun 2011 tanggal 21 Maret 2011, Keputusan Pemimpin Bank Indonesia Solo Nomor : 13/3/KEP.PBI/SLO/2011 tentang Pemberian Izin Usaha Atas Perubahan Nama PD. Bank Perkreditan Rakyat Badan Kredit Desa Karanganyar menjadi PD. Bank Perkreditan Rakyat Bank Karanganyar dan Surat Bank Indonesia nomor : 13/247/DKBU/IDAd/Slo tanggal 14 April 2011 tentang penetapan penggunaan izin usaha yang dimiliki BPR dengan nama baru

 Sejarah Pemimpin

SOEKASNO, PHD
Direktur Utama Pertama
di PD. BPR BKD Kab. Karanganyar
Masa Jabatan 1985 – 1993

SUJATMOKO, S.Sos
Direktur Utama Kedua
di PD. BPR BKD Kab. Karanganyar
Masa Jabatan 1993 – 2002

SRI SOEBONO, SE
Direktur Utama Ketiga
di PD. BPR BKD Kab. Karanganyar
Masa Jabatan 2002 – Mei 2010

PRIHANTO, SE, MM
Direktur Utama Keempat
di PD. BPR Bank Karanganyar
Masa Jabatan Mei 2010 – sekarang

Kerjasama dengan UMKM

1.    Program Tendanisasi Pasar Jum’at Karanganyar.
2.    Pengadaan sepeda motor untuk ojek Giribangun Matesih.

Produk dan Pelayanan

1.    Kredit Umum
2.    Kredit Karyawan / Pegawai
3.    Kredit Jasa Konstruksi
4.    Kredit Ketahanan Pangan (KKP)
5.    Kredit PNM, meliputi :

  • Kredit Sarana Usaha Produktif / SUP Madani
  • Kredit Modal Kerja/ KMK.
  • Kredit Equity/ Kredit Umum PNM

6.    Kredit Pendidikan
7.    Kredit Kepemilikan Sarana Usaha (KSSU)
8.    Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Produk Simpanan

  • TABUNGAN WAJIB :

Tabungan Wajib adalah tabungan yang dihimpun dari para debitur pada setiap realisasi kredit. Jasa bunga yang diberikan sebesar 4% per tahun.

  • TABUNGAN UMUM :

Simpanan bagi masyarakat umum agar dana simpanannya memberikan manfaat yang maksimal bagi penabung. Terdapat 2 jenis produk tabungan yaitu :

1.    TABUNGAN HARIMAS :

Tabungan Harimas (Tabungan Harian Masyarakat) merupakan tabungan dengan bunga harian. Jasa bunga yang diberikan sebesar 6% per tahun. Sangat efektif bagi Wirausaha.

2.    TABUNGAN SRIKANDI :

Tabungan SRIKANDI (Sarana Investasi Keluarga Mandiri) adalah tabungan berhadiah yang diundi sebanyak 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun dengan hadiah-hadiah menarik. Jasa bunga yang diberikan kepada penabung sebesar 6% pertahun.

3.    TABUNGANKU

TabunganKu adalah tabungan untuk perorangan Warga Negara Indonesia dengan persyaratan mudah dan ringan yang diselenggarakan oleh PD. BPR Bank Karanganyar bersama bank-bank di Indonesia guna menumbuhkan budaya menabung serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan khususnya untuk anak usia sekolah. Jasa bunga yang diberikan kepada penabung sebesar 4% pertahun.