WISATA KARANGANYAR Sejuknya Berziarah di Astana Giribangun

Berlibur bersama keluarga tercinta sambil menikmati objek wisata religi merupakan pilihan yang tepat di akhir pekan. Apalagi, objek wisata ini mempunyai nilai historis yang berkaitan erat dengan mantan Presiden kedua Republik Indonesia, Soeharto. Penasaran?

Mari berjalan-jalan ke pemakaman Astana Giribangun yang terletak di lereng Gunung Lawu, tepatnya di Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, Karanganyar. Astana Giribangun berada tepat di bawah Astana Mangadeg, kompleks pemakaman para penguasa Mangkunegaran.
Jarak tempuh dari Kota Karanganyar menuju Astana Giribangun sekitar 45 menit. Anda harus melewati jalan Solo-Tawangmangu. Sampai di perempatan Kecamatan Karangpandan, Anda harus belok kanan menuju Matesih. Setelah pertigaan Kantor Pos Matesih, maka Anda harus belok kiri menuju lokasi Astana Giribangun.

Sesampai di lokasi, Anda akan disuguhi panorama alam yang indah nan elok dengan udara sejuk khas pegunungan. Anda harus menaiki ratusan anak tangga menuju makam almarhum Soeharto dan istrinya, Sri Hartinah atau Bu Tien Soeharto. Biasanya, masyarakat yang berziarah ke Astana Giribangun ingin mencari berkah atau ngalap berkah sambil berekreasi.

Meski demikian, Anda juga bisa datang ke tempat ini sekadar untuk bersantai sambil menikmati pemandangan panorama alam. Di sini, pengunjung tak perlu khawatir soal makanan. Anda dapat mencicipi berbagai menu masakan Jawa di warung makan yang terletak di sekitar area parkir kendaraan bermotor.

Berminat? Astana Giribangun bisa menjadi tujuan wisata Anda akhir pekan ini. Selamat berlibur.

Sumber : http://www.solopos.com/2014/01/04/wisata-karanganyar-sejuknya-berziarah-di-astana-giribangun-479204