Humas Jadi Jembatan Informasi Akurat

poto

Drs. Agam Bintoro Sekretaris Dinas Hubkominfo salah satu pembicara Forum Komunikasi Kehumasan, Podang I Setda Karanganyar Kamis Pagi (05/12)

Dalam rangka mengembangkan kapasitas penyelenggaraan urusan pemerintahan serta pemahaman informasi publik, Humas Kabupaten Karanganyar dalam hal ini di bawah Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karanganyar menyelenggarakan Forum Komunikasi Kehumasan, Kamis pagi (05/12) di Ruang Podang I Kantor Setda Karanganyar.

Diikuti sebanyak 78 peserta yang terdiri dari Jajaran PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Badan, Dinas, Kantor, Satuan Kerja, BUMD, Kades, Kalur se Kab. Karanganyar. “ Forum ini bertujuan guna mengkoordinir PPID tersebut untuk bisa memberikan pelayanan informasi kepada publik, yakni pemahaman dalam usaha melayani informasi yang bersifat terbuka ke masyarakat,”hal ini disampaikan oleh Drs. Bambang Sugito selaku Kabid Kominfo Dishubkominfo Karanganyar saat membacakan laporan pelaksanaan kegiatan.

Dalam sambutan Bupati Karanganyar yang dibacakan oleh Bambang Prihantoro, S.Sos selaku Kepala Bagian PDE Setda Karanganyar menyampaikan bahwa Pemkab Karanganyar merespon positif atas diselenggarakannya kegiatan ini karena mengandung makna yang cukup krusial kaitannya dengan pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). Undang-undang ini mengamanatkan kepada seluruh badan publik untuk melaksanakan diseminasi dan pelayanan informasi kepada masyarakat tanpa terkecuali sesuai dengan ketentuan perundangan yang telah diatur.

“Bagi institusi pemerintah dan badan publik, agar prinsip keterbukaan informasi dapat terbangun, mereka dituntut bersikap proaktif dan terbuka dalam melayani permintaan informasi kepada masyarakat. Terjadinya tarik ulur kepentingan yang terkadang memunculkan polemik antara badan publik dengan masyarakat, terlebih lagi dengan insan media atau wartawan seharusnya tidak perlu terjadi apabila masing-masing mengedepankan aturan main dan berorientasi untuk kepentingan masyarakat “, imbuh Bambang.

Dalam acara tersebut mendatangkan dua nara sumber yaitu Drs. Agam Bintoro (Sekretaris Dinas Hubkominfo Karanganyar) dengan materi tentang Informasi Publik dan Dwi Joko Hastanto (Wartawan Suara Merdeka) yang membawakan materi Mengapa Takut Dengan Wartawan ?. ad+in