Saat Musim Penghujan, Warga Diminta Waspada Jentik

Karanganyar, Kamis (21/11/2013)

Saat musim hujan tiba, setiap warga diminta untuk waspada terhadap jentik-jentik nyamuk di lingkungan rumah masing-masing.  Himbuan itu untuk mencegah penyakit demam berdarah yang menyebabkan kematian.

Kepala bidang  Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2L) Dinas Kesehatan Karanganyar, Fatkhul Munir mengungkapkan peranserta dan kesadaran masyarakat terus diharapkan agar demam berdarah bisa terdeteksi.

“Kadang kurang peduli dan penanganannya telat yang berakibat resiko besar. Seharusnya ketika panas tinggi langsung dilarikan ke Rumah Sakit,” ungkap Munir, beberapa waktu lalu.

Ia juga menjelaskan fogging dilakukan ketika ada indikasi, tapi yang paling penting masyarakat bisa siap ketika ada jentik.

“Kami menggerakkan peran aktif masyarakat untuk melakukan  pemberantasan jentik nyamuk,” ujarnya.

Pemberantasan jentik nyamuk yang dilakukan di sekitar lingkungan secara rutin merupakan cara paling efektif untuk mencegah penyebaran penyakit ini. Namun, kesadaran warga tentang kebersihan lingkungan masih minim.

Kepala Dinas Kesehatan Karanganyar, Cucuk Heru Kusumo meminta agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan saat memasuki pergantian musim seperti sekarang.

“Biasanya saat pergantian musim berlangsung, sehari bisa panas terik disertai debu yang banyak, sehari lagi hujan. Untuk itu peranserta masyarakat sangat dibutuhkan” tandas Cucuk.pd