Hari Ini, Genap 96 Tahun Kabupaten Karanganyar

Setiap Hari Jadi Kabupaten Karanganyar peserta upacara selalu memakai pakaian jawa yakni beskap dan kebaya, Senin (18/11)

Setiap Hari Jadi Kabupaten Karanganyar peserta upacara selalu memakai pakaian jawa yakni beskap dan kebaya, Senin (18/11)

Karanganyar, Senin (18/11/2013)

Hari ini, Kabupaten Karanganyar telah menginjak usia yang ke 96 tahun. Dulu, nama Karanganyar yang diberikan oleh Raden Mas Said yang berjuluk Pangeran Sambernyawa atau Mangkunegara I, mengandung arti dari tiga kata, yakni Ka (kewibwaan yang dicita-citakan), Rang (rangkapnya lahir dan batin, pulung dan wahyunya turun),

DSC_2814 copy

Gotong royong masih melekat di warga masyarakat Kabupaten Karanganyar

Anyar (akan menerima perjanjian baru yang

diangkat menjadi Mangkunegara I).

Awalnya Karanganyar han

DSC_2914 copy

Pasar Tawangmangu, sentra buah-buahan dan sayuran segar

yalah dukuh kecil yang masuk dalam wilayah Kasunanan Surakarta,

pada saat itu pimpinan Swapraja  Kasunanan Surakarta adalah Sri Pakubuwono II. Setelah perjanjian Giyanti. Dukuh kecil Karanganyar yang terletak di Sukowati Selatan termasuk ke dalam wilayah Kasultanan Yogyakarta dan yang berkuasa saat itu yaitu

DSC_3056 copy

Sektor Pertanian merupakan andalan bagi Karanganyar

Sri Sultan Hamengkubuwono I (Pangeran Mangkubumi tahun 1755-1792).

Kemudian, tahun 1903 dibentuk Kabupaten Anom Kota Mangkunegaran, meliputi wilayah kota Sala bagian utara,

Wanareja, Kaliyoso, dan Colomadu atau Swapraja Mangkunegaran. Istilah Onderrengentschap diubah menjadi rengentschap yang berarti Kabupaten oleh Sri Mangkunegara VII yangmemegang pemerintahan saat itu (1916-1944), tepatnya pada tanggal 20 November 1917. Pada tanggal 18 November 1917, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara VII melantik Tumenggung Harjohasmoro sebagai Bupati Karanganyar. Pembentukan Kabupaten Karanganyar didasarkan Rijksblad Mangkunegara No.37. Dengan demikian, pada tanggal 18 November 1917 lahirlah Kabupaten Karanganyar.

Kemudian seiring perkembangan jaman, Kabupaten Karanganyar terbagi dalam 17 wilayah Kecamatan, 177 desa, 15 Kelurahan, dengan luas wilayah 77.378,64 hektar. Secara geografis merupakan bagian dari Provinsi Jawa Tengah berada  di  sebelah barat Gunung Lawu.

Kabupaten Karanganyar memiliki slogan INTANPARI, kepanjangan dari Industri, Pertanian, dan Pariwisata. Ketiganya merupakan sektor andalan PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kabupaten Karanganyar dalam melaksanakan pembangunan, dengan prioritas di bidang keamanan, kesehatan, dan pendidikan.

Jumlah penduduk mengalami perubahan, pada tahun 2012 tercatat 838.762 jiwa terdiri dari laki-laki sejumlah 414.715 jiwa, dan perempuan 424.047 jiwa.Dengan semakin bertambahnya usia, Kabupaten Karanganyar terus berkembang di berbagai sektor. Kemajuan pembangunan di Kabupaten Karanganyar meningkat secara progresif tiap tahunnya. Hal ini digambarkan melalui Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Secara statistik, nilai IPM Kabupaten Karanganyar meningkat dari tahun 2003 sebesar 67,90 menjadi 76,53 tahun 2012.

“Bahkan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2012 dapat terlampaui hingga 116, 25 persen atau sebesar Rp. 116.706.893.419. Meskipun segudang penghargaan telah kita raih, sampai dengan akhir tahun 2013 ini, kita tidak akan berhenti berkarya dan terus memperbaiki kinerja,” jelas Bupati Karanganyar Rina Iriani saat membacakan sambutan di Upacara Hari Jadi ke 96 Kabupaten Karanganyar, di Alun-alun Karanganyar, Senin, (18/11) pagi.

Ia juga menjelaskan pertengahan 2013 kembali Kabupaten Karanganyar menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha untuk yang kedua kalinya. Prestasi ini berbarengan dengan keberhasilan  meraih Piala Adipura tahun 2013.

Selain itu seluruh keberhasilan, pencapaian cita-cita kolektif dan kondisi aman, damai serta kondusif adalah hasil sinergi bersama. Dengan bekerja keras, bekerja ikhlas dan bekerja cerdas, upaya mewujudkan visi Karanganyar tentram, demokratis dan sejahtera dapat berjalan sesuai rencana.

“Keberhasilan yang telah berhasil di raih, mudah-mudahan bisa dipertahankan bahkan di tingkatkan,” harapnya.pd