KARANGANYAR Kembali Sabet Wahana Tata Nugraha 2013

Kabupaten Karanganyar kembali meraih piala Wahana Tata Nugraha (WTN) di bidang pengelolaan lalu lintas pada 2013.

Sebelumnya, Bumi Intanpari telah menyabet penghargaan serupa pada 2012 lalu. Rencananya penghargaan tertinggi bidang lalu lintas tersebut akan diterima langsung oleh Bupati Karanganyar, Rina Iriani di Surabaya pada Kamis (3/10/2013).

 Piala WTN akan diserahkan langsung Menteri Perhubungan, EE Mangindaan. Dengan torehan prestasi itu berarti Karanganyar berhasil meraih piala WTN selama dua tahun berturut-turut. Kepala Bidang Perhubungan Dishubkominfo Karanganyar, Joko Sumaryono, mengatakan pihaknya melakukan persiapan penilaian WTN sejak beberapa bulan lalu.

 Penghargaan tersebut diperoleh berkat kerja keras aparat pemerintah, para pelaku usaha angkutan umum serta elemen pengguna kendaraan bermotor di Karanganyar. “Untuk kedua kalinya, Karanganyar mendapat piala WTN dua tahun berturut-turut,”.

 Terdapat 14 item penilaian WTN yang dilakukan langsung tim gabungan dari Kementerian Perhubungan dan Dishubkominfo Jateng antara lain manajemen transportasi, kondisi jalan, rambu-rambu lalu lintas, anggaran transportasi hingga integritas sumber daya manusia. Penilaian dilakukan dengan melakukan pengamatan, pemotretan serta peninjauan di beberapa titik jalan.

 Penilaian dibagi menjadi tiga tahap yakni administrasi, praktik pengelolaan lalu lintas di lapangan dan kebijakan lalu lintas. Penilaian tahapan administrasi dilakukan oleh Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Jateng. Sementara penilaian tahapan lainnya dilakukan langsung oleh tim penilai WTN.

 “Kami mengucapkan terima kasih kepada para elemen pengguna kendaraan bermotor yang berpartisipasi sehingga Karanganyar berhasil meraih piala WTN,” jelasnya.

 Sementara Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Suwarsi mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Martireni Narmadiana, menjelaskan selama ini pihaknya selalu gencar menggiatkan kampanye pelopor tertib berlalu lintas. Pihaknya juga melakukan inovasi dengan bekerjasama dengan sekolah-sekolah.