2 Kompi Pasukan Gabungan Masih Disiagakan

Dua kompi pasukan gabungan dari Kodim 0727 dan Batalyon Suhbrastha 408 masih disiagakan untuk menjaga keamanan di wilayah Bumi Intan Pari pascaperhitungan suara dalam Pilkada Karanganyar, Minggu (22/3/2013).

Berdasarkan pantauansatu regu pasukan TNI yang terdiri dari lebih kurang 12 personel tampak masih berjaga di Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Karanganyar, Senin (23/9/2013) siang. Selain itu, dua regu lainnya juga masih ditugaskan berjaga di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar dan Kantor Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar.

Komandan Kodim 0727 Karanganyar, Letkol (Inf) Eddy Basuki, menyatakan penjagaan di tiga objek vital pemerintahan itu termasuk dalam rangkaian pengamanan Pilkada. Masing-masing regu mulai diterjunkan di tiga lokasi tersebut pada Minggu sore untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami sifatnya hanya mem-backup Polres dalam mengamankan Pilkada, jadi kami mendatangkan Batalyon Suhbrastha 408 ditambah dengan pasukan dari Kodim 0727, total sekitar dua kompi yang kami sebar di berbagai wilayah,” ungkap dia saat dijumpai  di salah satu rumah makan di Popongan, Karanganyar, Senin (23/9/2013).

Selain menyiagakan pasukan di tiga objek vital, pihaknya juga rutin menggelar patroli gabungan dengan aparat kepolisian.

“Minggu malam kami patroli, situasi aman terkendali. Pagi ini, di wilayah grassroot, aktivitas masyarakat juga sudah berjalan normal,” ungkap dia.

Kendati demikian, Eddy belum dapat memastikan kapan dua kompi pasukan tersebut akan mulai di tarik dari wilayah pengamanan masing-masing. Menurutnya, pasukan akan terus disiagakan di tiga objek vital itu hingga situasi kembali aman dan kondusif.

“Nanti kami lihat perkembangan dulu, kalau situasi berjalan seperti hari ini dan kemarin, mungkin tidak lama akan kami tarik,” imbuh dia.

Sementara itu, Kapolres Karanganyar, AKBP Martireni Narmadiana, menyatakan bahwa satu kompi dalmas dan satu kompi Brimob dari Polda Jawa Tengah (Jateng) mulai ditarik dari wilayah pengamanan masing-masing pada Senin pagi.

“Hari ini sudah agak tenang, jadi ada satuan yang ditarik. Tapi, satuan dari Polres dan Brimob dan Detasemen C belum digeser, masih disiagakan sesuai penempatan pertama,” urai Kapolres.

Menurut dia, pasukan tetap akan terus disiagakan hingga ada pemberitahuan bahwa kondisi wilayah Bumi Intan Pari sudah relatif kondusif. Berdasarkan hasil pantauan sementara, lanjut Kapolres, situasi di Karanganyar cukup aman terkendali. Tidak terdapat tanda-tanda kerusuhan menyusul diumumkannya hasil hitung cepat suara dalam Pilkada.