Dokter Umum Masih Kurang 12.000 Orang

Wakil Menteri Kesehatan Ali Gufron Mukti
Wakil Menteri Kesehatan Ali Gufron Mukti

Karanganyar, Senin (09/09/2013).

Jumlah dokter umum dan spesialis di Indonesia masih kurang. Data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan hingga akhir 2012, Indonesia kekurangan sebanyak 12.000 orang dokter umum. Sementara, dalam satu tahun jumlah lulusan dokter hanya mencapai 7.000 orang.

Wakil Menteri Kesehatan Ali Gufron Mukti menjelaskan hal itu saat seminar nasional Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) dalam rangka Dies Natalis APIKES-AKBID Mitra Husada Karanganyar, di gedung Dakwah Muhammadiyah, Sabtu (07/09) kemarin.

“Kekurangan ini masih menjadi masalah utama kita, maka dari itu kami terus memrioritaskan penambahan tenaga,” ucap Ali.

Pihak Kemenkes menargetkan tahun 2014 sudah bisa selesai. Tentunya sasaran target itu tidak pada kekeurangan tenaga dokter umum saja. “Semoga pemenuhan target dari kekurangan dokter umum ini dapat terpenuhi di tahun depan,”katanya.

Bila target yang dicanangkan itu, lanjut Ali, sebelumnya telah ditunjang dengan persiapan maksimal selama dua tahun terakhir. “Perhitungan kami, untuk dokter umum di tahun 2014 sudah tidak kurang lagi, tetapi distribusinya yang masih menjadi masalah,” katanya.

Selain itu, untuk dokter spesialis, jumlah kekurangan masih cukup banyak. Kemenkes sampai saat ini belum berani menjamin untuk memenuhi kekurangannya pada tahun 2014.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar, Cucuk Heru Kusumo menjelaskan, pemerataan tenaga kesehatan sampai saat ini masih menjadi kendala di daerah.

“Untuk tenaga dokter di Karanganyar tidak kurang sama sekali, hanya kurang merata. Ada sekitar 300 dokter yang bertugas di wilayah kota, sementara yang di desa masih sangat minim,” jelas Cucuk.

Untuk mengatasi maslah tersebut, Dinkes telah berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Karanganyar, dengan itu diharapkan para dokter bersedia ditugaskan ke daerah-daerah yang jauh dai pusat kota.pd