KPU Mulai Lipat Surat Suara

Puluhan relawan melipat dan sortir surat suara Pemilihan Bupati (Pilbup) Karanganyar, di Balai Cangakan, Rabu (04/09)
Puluhan relawan melipat dan sortir surat suara Pemilihan Bupati (Pilbup) Karanganyar, di Balai Cangakan, Rabu (04/09)

Karanganyar, Kamis (05/09/2013)

Surat suara Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Karanganyar mulai dilipat dan disortir. Kartu yang disortir di Balai Desa Cangakan, Karanganyar itu rencananya digunakan pada coblosan 22 September 2013.

Divisi Sosialisasi dan Logistik KPU Karanganyar, Sutopo mengatakan proses pelipatan surat suara rencananya dilakukan selama dua hari ini. Mudah-mudahan seluruh surat suara yang telah terdistribusikan dari pihak rekanan yang dipilih bisa terlipat seluruhnya pada hari ini.

“Jadwalnya dua hari dimulai sejak hari Rabu kemarin. Semoga saja semuanya bisa terselesaikan hari ini,” jelasnya.

 

Pelipatan seluruh surat suara pilbup tersebut, KPU Karanganyar mendapatkan bantuan relawan. Sejumlah 90 orang itu melakukan kerja sukarela dalam sembilan kelompok. “Seluruh relawan merupakan warga dari sekitar Kantor KPU Karanganyar ini,” tambahnya.

Dari 702.494 lembar surat suara Pemilihan Bupati (Pilbup) Karanganyar, terlihat ada yang kondisi rusak dan tidak dapat digunakan. Dalam proses pelipatan surat suara di hari pertama kemarin, di Balai Desa Cangakan, Rabu (04/09), jumlah kertas yang rusak mencapai puluhan.Kerusakan pada puluhan surat suara yang diketahui dalam proses pelipatan hari pertama kemarin baru pada cat sablon yang luntur.

“Karena sekarang proses pelipatan belum selesai jadi berapa total surat suara yang rusak belum diketahui persis. Tetapi jumlahnya mencapai puluhan,” katanya.

Seluruh surat suara yang rusak itu, lanjut Sutopo, nantinya bakal dikembalikan pada percetakan terkait untuk diganti dengan yang baru. KPU Karanganyar memastikan seluruh surat suara untuk pencoblosan Pilbup telah siap sepenuhnya pada 15 September besok.

Guna mengantisipasi hal-hal lain yang mengganggu persiapan Pilbup nanti, dari KPU Karanganyar siap mengawal secara intensif. Termasuk dalam proses pelipatan surat suara yang dilakukan dalam dua hari terakhir ini. “Kami kawal penuh agar proses pelipatan surat suara ini bisa selesai tepat waktu,” tandasnya. pd