Tak Dapat Jatah CPNS, Pemkab Pilih Tata PNS

Pemkab Karanganyar hanya bisa pasrah karena tahun ini tidak mendapat jatah kuota penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Pemkab pun memilih lebih memfokuskan diri pada penataan PNS yang ada saat ini.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Karanganyar, Larmanto mengatakan tidak adanya rekrutmen CPNS tahun ini karena alokasi APBD untuk gaji pegawai masih tinggi yakni 65 persen. Besarnya APBD Karanganyar saat ini mencapai Rp 1,2 triliun. “Jika untuk gaji pegawai masih di atas 50 persen, belum boleh menerima CPNS. Karena kondisi keuangan yang tidak memperbolehkan, ya kami tak masalah,” ujar Larmanto, Selasa (3/9).

Dijelaskannya, tahun ini merupakan tahun ketiga bagi Pemkab Karanganyar tidak diperbolehkan merekrut pegawai baru. Terakhir kali Pemkab mendapatkan formasi CPNS pada tahun 2010 lalu. Selain persoalan keuangan, Larmanto juga menerangkan bahwa Pemkab sedang melakukan penataan PNS. Penataan dilakukan di seluruh instansi dengan mempertimbangkan beban kerja masing-masing instansi. “Jumlah PNS sebanyak 11.900 orang ini sedang kami tata. Kami data di seluruh instansi saat ini,” ungkapnya.

Menurut Larmanto, penataan PNS bakal berimbas pada kinerja Pemkab yang lebih maksimal karena tidak ada problem kekurangan pegawai maupun kelebihan pegawai di sejumlah instansi. Pasalnya, masih terdapat instansi yang kelebihan pegawai, sementara ada instansi lainnya kekurangan pegawai. “Ini supaya jumlah PNS yang berada di setiap instansi sesuai dengan beban kerja masing-masing,” terangnya.

Terkait kapan Pemkab akan melakukan rekrutmen CPNS lagi, Larmano mengaku tidak menutup kemungkinan pada tahun 2014 mendatang. Namun hal itu tetap akan mengacu pada kondisi keuangan daerah. “Jika penataan telah selesai dan alokasi gaji PNS sudah tidak besar dan sesuai dengan aturan, tentu dapat kita lakukan rekrutmen CPNS,” pungkasnya.