Studi Lapangan Pengenalan Potensi Seni Budaya Lemhanas RI di Kab. Karanganyar

DSC_6784
Pertukaran Cinderamata Bupati Karanganyar Dengan Mayjen TNI Syafril Mahyudin Sebagai Pertanda Kunjungan Kerja Lembahas RI di Kabupaten Karanganyar

Karanganyar, 27 Agustus 2013 Dikawal Patwal Poltabes Solo rombongan LEMHANAS RI yang terdiri atas 10 orang datang ke Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar (27/08) dalam rangka Kunjungan Program Pendidikan Reguler Angkatan Ke – 50 Tahun 2013 LEMHANAS RI terkait potensi seni budaya yang ada di Kab. Karanganyar.

Rombongan tersebut merupakan peserta negara sahabat untuk kegiatan pengenalan budaya lokal yang dipimpin oleh Mayjen TNI Syafril Mahyudin (LEMHANAS RI). Adapun peserta dari negara sahabat yang ada seperti Brigjen Ayas Nabi Dar asal Pakistan sekaligus Ketua POK Peserta, Kolonel Clifford Keong Bon Kee (Singapura), Kolonel Yazid Bin Arshad (Malaysia), Kolonel Y. Sam Aun (Kamboja), Kolonel Radwan Abed Nabi Al-Qudat (Jordania), Letkol Medjeni Mahmoud (Aljazair). Acara dibuka dengan pertunjukan tari Indonesiaku karya Bupati Karanganyar yang diiringi musik tradisional lesung.

Dalam sambutannya Bupati Karanganyar Rina Iriani menjelaskan Kabupaten Karanganyar mempunyai 53 titik obyek wisata. Dari jumlah tersebut, 18 tempat berupa obyek wisata alam, 26 obyek wisata budaya, 9 obyek wisata buatan, dan 8 sarana rekreasi dan hiburan umum. Rina Iriani menunjukan beberapa destinasi wisata unggulan Kabupaten Karanganyar meliputi Taman Wisata Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu, Situs Purbakala Menggung di Tawangmangu, dan  Museum Gula Tasikmadu di Kompleks Rekreasi Sondokoro. Selain itu juga ada wisata ziarah yang terdapat didaerahnya yakni Astana Mangadeg, Girilayu, dan Astana Giribangun.

Rina Iriani menambahkan terdapat beberapa wisata di Daerah Ngargoyoso yaitu Situs Candi Sukuh, Candi Cetho, Air Terjun Parangijo, Air Terjun Jumog, Telaga Madirda, dan tidak ketinggalan lanskap hijau kebun teh Kemuning. Rina Iriani berharap melalui Program Pengenalan Budaya Lokal PPRA ke 50 ini, para peserta dapat berkunjung langsung ke berbagai obyek wisata di Bumi Intanpari.  “mudah-mudahan dari pengamatan dan pengalaman langsung di obyek wisata dapat memberikan pertimbangan bagi terjalinnya kerjasama di bidang pengembangan pariwisata dan budaya antara Kabupaten Karanganyar dan negara sahabat peserta PPRA ke 50 LEMHANAS RI”, tegas rina. ad