Puluhan Angkutan Umum Kena Razia

Petugas gabungan memeriksa kelengkapan surat administrasi kendaraan angkutan umum.
Petugas gabungan memeriksa kelengkapan surat administrasi kendaraan angkutan umum.

Karanganyar, Rabu (28/08/2013)

Tim gabungan dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Jawa Tengah, Dishubkominfo Karanganyar, dan Satlantas Polres Karanganyar mengadakan razia terhadap angkutan umum maupun barang, di Sub Terminal Papahan, Selasa (27/08) siang kemarin.

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi ijin trayek, ijin operasi, kelengkapan administrasi, kondisi muatan, dan lain sebagainya. Hasilnya, petugas menindak sedikitnya sembilan bis, satu Isuzu Elf, dan sembilan mobil angkutan.

“Razia gabungan ini merupakan bagian agenda operasi penertiban kendaraan di jalan raya yang rutin diadakan. Walaupun fokus kami yakni pada angkutan umum dan bis AKAP. AKDP, namun tidak menutup kemungkinan pada kendaraan pribadi yang diketahui tidak memenuhi syarat kelengkapan kendaraan,” jelas Kasi Pengawasan dan Operasional (Wasop) Unit Pelayanan Perhubungan (UPP) Dinhubkominfo Wilayah Surakarta, Tubagus Kresno.

Tubagus Kresno juga mengatakan untuk muatan barang dalam razia itu hanya untuk penataan muatan bukan pada bobot muatannya. Selain itu juga diperiksa keorisionalitas ban , dan kondisi lampu rem.

“Kami mengingatkan agar angkutan umum jangan memakai ban roplakan, itu sangat bebahaya sekali,’ ujarnya.

Pada razia itu petugas dari Satlantas Polres Karanganyar menindak 35 kendaraan. Kanit Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli (Turjawali) Ipda Sudirman mengatakan sebagian besar  yang kenai tilang tidak dilengkapi surat kendaraan, seperti surat Ijin mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).pd