Lelang Sepeda Motor Laris Manis

Peserta lelang sepeda motor yang diikuti oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Karanganyar  saling menawar harga lebih tinggi untuk menadapatkan kendaraan yang diinginkan, Jumat (23/08)
Peserta lelang sepeda motor yang diikuti oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Karanganyar saling menawar harga lebih tinggi untuk menadapatkan kendaraan yang diinginkan, Jumat (23/08)

Karanganyar, Sabtu (24/08/2013)

Suasana di dalam Gedung Wanita Karanganyar tampak lain, banyak Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan  Pemkab Karanganyar  yang mengikuti lelang untuk sepeda motor, Jumat (23/08).

Para peserta sangat antusias mengikuti agenda lelang itu. Tak jarang sampai berteriak-teriak, berkejar-kejaran untuk menawar lebih tinggi harga sepeda motor.

“Saya sangat senang mengikuti lelang ini. Walaupun keadaan sepeda motor sudah tidak layak, nantinya diperbaiki lagi,” ujar Rumanto, salah satu peserta lelang yang mengaku nantinya untuk kendaraan operasional sehari-hari.

Tak jarang hanya satu peserta yang ikut lelang, dengan harga terendah yakni Rp. 50.000 maka dia langsung memenangkannya. Namun jika peserta lelang sampai 12 orang berlangsung sengit, mereka saling berkejaran menawar lebih tinggi.

Sebelum lelang, biasanya para peserta terlebih dahulu sudah mengetahui kondisi kendaraan. Walaupun ada yang keadaannya sudah tidak layak tetapi juga ada yang masih lumayan.

Lelang sepeda motor telah melalui tiga tahap. Untuk tahap pertama sebanyak 106 unit motor laku terjual, tahap dua sebanyak 47 unit, dan tahap tiga sebanyak 93 unit. Dari tiga tahap itu, total uang yang masuk ke kas daerah sebesar Rp 200 juta.

Jenis motor yang dilelang yakni Suzuki Bravo, RC 100, Tornado, Yamaha Force 1,  Yamaha FIZ.

Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Karanganyar Any Indrihastuty menjelaskan lelang sepeda motor memang tidak terbuka untuk umum. “Kalau untuk lelang mobil dinas nanti dibuka untuk umum,” ucap Any.

Karena untuk umum, nantinya pelelangan akan melibatkan kantor lelang negara. Tetapi pelaksanaan lelangnya belum dipastikan.

“Direncanakan sekitar bulan September,” ujarnya.pd